Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

4 Tips Menjaga Pergaulan di Dunia Kampus

Selasa, 18 Juni 2019 | 22:41 WITA | 0 Shares Last Updated 2019-06-18T14:42:58Z
4 Tips Menjaga Pergaulan di Dunia Kampus


BONETERKINI.NET, BONE - Dalam lingkungan kampus , terdapat berbagai mahasiswa dari berbagai daerah yang memiliki karakteristik berbeda satu dengan yang lainnya. Cara bergaul teman daerah satu dengaj daerah lainnya pun beda. Oleh karena itu, perlu diperhatikan tips menjaga pergaulan di kampus agar tidak terjerumus ke lingkungan yang buruk.

1. Pencarian Teman

Sebagai seorang mahasiswa tentu kamu membutuhkan seorang teman untuk bisa menjadi partner selama menjalani perkuliahan hingga 4 tahun ke depan. Momen ospek bisa jadi saat yang tepat untuk menemukan teman baru yang benar-benar bisa membawa kamu ke arah kebaikan, bukan justru malah mengajak ke arah keburukan. Jika partner saja sudah tidak benar, dikhawatirkan ia akan mempengaruhi masa depan kamu di perkuliahan. Karena hal itulah tetap harus berhati-hati ketika memilih teman.

2. Jangan Terlalu Menutup Diri

Kamu boleh saja memilah milih teman, namun tak berarti harus menutup diri sehingga enggan berteman dengan orang lain. Selayaknya makhluk sosial, kamu tentu saja membutuhkan orang lain di dalam menjalani kehidupan ini. Namun hati-hati itu juga perlu ya, jangan sampai kamu salah memilih teman sehingga nantinya akan mempengaruhi kehidupanmu sebagai seorang mahasiswa.

3. Hati-hati Terhadap Organisasi

Saat menjadi mahasiswa baru, pasti banyak dari kakak tingkat yang menawarkan kamu untuk masuk ke organisasi kampus yang diikutinya. Memang sah-sah saja bila kamu masuk ke sebuah organisasi, namun pastikan juga organisasi itu legal dan diakui secara resmi oleh pihak kampus. Apakah ada organisasi ilegal? Tentu ada, dan kegiatannya pun juga tidak jelas sama sekali. Untuk tergabung ke dalam suatu organisasi pastikan kamu tau terlebih dahulu mengetahui apa visi, misi, dan tujuannya, selain itu dan yang tak kalah penting pastikan organisasi tersebut secara resmi telah diakui oleh pihak perguruan tinggi. Atau alternatif lain, bergabung UKM yang sudah pasti kejelasan statusnya daripada organisasi non formal yang tidak jelas kegiatannya.

4. Tolak Ajakan yang Tidak Benar

Godaan untuk melakukan hal buruk di kampus pasti sangat besar. Pasti banyak orang yang mengajak kamu untuk melakukan hal-hal yang tidak benar seperti nongkrong tidak jelas, narkoba, miras, dan juga lainnya. Kamu harus bisa menolak ajakan mereka, jangan sampai masa depanmu hancur hanya karena menerima ajakan mereka. Lebih baik jauhkan diri dari orang-orang tersebut dan dekatilah orang-orang baik yang bisa merubahmu menjadi lebih baik.

Demikianlah tips menjaga pergaulan di kampus. Semoga bisa diterapkan agar tidak terjerumus ke lingkungan bebas dan buruk di kampus.



×
Berita Terbaru Update