Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hebat, Siswa SMAN 3 Bone Terpilih Jadi Parlemen Remaja di DPR RI

Rabu, 04 September 2019 | 11:18 WITA | 0 Shares Last Updated 2019-09-06T07:27:04Z
Hebat, Siswa SMAN 3 Bone Terpilih Jadi Parlemen Remaja di DPR RI


BONE TERKINI, BONE - Andi Reza Zulkarnain, Siswa SMAN 3 Bone terpilih untuk mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) II Sulawesi Selatan (Sulsel) yang meliputi Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Kota Parepare, Barru, Pangkep, dan Maros. Andi Reza terpilih setelah melewati proses seleksi ketat Kesekretariatan DPR RI.


Bersama dengan 128 pelajar dari sekolah di provinsi lain, Andi Reza mulai mengikuti rangkaian kegiatan Parlemen Remaja sejak Senin 2 September 2019 lalu. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Jakarta dan Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI, Puncak, Bogor.

BACA JUGA: Harus Datang ke GIIAS Makassar 2019, Ada Sajian Pameran Otomotif Paling Inovatif

"Ini kegiatan tingkat nasional yang diselenggarakan langsung oleh sekretariat jenderal dan badan keahlian DPR RI untuk memberikan pemahamn politik dan demokrasi kepada sisiwa sma sederajat. Kegiatan ini di mulai pada sejak tahun 2008 hingga sekarang.Proses seleksinya itu terdiri dari seleksi Essai dengan estimasi poin itu 60%, Video kampanye 20%, dan Curriculum Vitae 20%."

Menurut Andi Reza, dirinya sangat senang bisa lolos menjadi salah satu peserta dari total 11.825 yang mendaftar.

"Tahun ini pendaftar parlemen remaja sangat fantastis hingga menyentuh angka 11.825 pendaftar dari seluruh nusantara. Setelah proses penyeleksian terjadi, tibalah pengumumannya pd tanggal 14 Agustus, dan terpilih 128 peserta terbaik dari 80 daerah pemilihan di Indonesia. Dan Alhamdulillah saya dinyatakan lolos dan mewakili dapil 2 Sulawesi Selatan.

Selama 5 hari, para peserta akan mendapat gambaran tentang tugas dan fungsi parlemen. Sehingga tingkat pemahaman mereka tentang bagaimana proses demokrasi dan proses politik bekerja di Indonesia, dapat bertambah. Termasuk melakukan simulasi sidang rapat kerja komisi dan sidang paripurna.

Selain itu, dari kegiatan Parlemen Remaja ini dapat lebih mengenalkan para remaja mengenai DPR RI sebagai Lembaga Negara yang melaksanakan fungsi politik baik di bidang legislasi, anggaran dan pengawasan.

×
Berita Terbaru Update