Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wah, 40 Panre Bessi di Bone Kerja Sama Buat Pusaka Ini

Jumat, 14 Februari 2020 | 21:23 WITA | 0 Shares Last Updated 2020-02-14T13:23:51Z
Wah, 40 Panre Bessi di Bone Kerja Sama Buat Pusaka Ini


BONE TERKINI, BONE - Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi melakukan kunjungan ke pusat Pembuatan “Kawali Mangkau Patappulo Panre” yang berlokasi di sentra pengrajin besi di Dusun Abbolangnge, Desa Lappo Ase, Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, Jumat, 14 Februari 2020.

Kawali Mangkau Patappulo Panre ini merupakan Kawali Raja yang dibuat oleh 40 Panre atau pandai besi yang sudah turun temurun menjadi Panre Bessi. Sehingga kemampuannya tidak diragukan lagi.

Menurut sumber, Kawali Mangkau ini akan diserahkan dan dipersembahkan untuk masyarakat Bone pada Acara Mattompang Arajang pada Puncak Hari Jadi Bone Ke-690 Tahun, April mendatang.

Selain itu, Kawali Mangkau ini direncanakan akan disimpan di Museum Arajangnge dan dipersandingkan Bersama Pusaka Peninggalan Raja Bone dan Adat Tujuh serta akan diberikan prasasti yang berisi 40 Nama-Nama Panre Bessi yang membuatnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bone berpesan agar Kawali yang dibuat tersebut diberi tanda agar orang bisa tahu jika pusaka tersebut merupakam Kawali Mangkau yang dibuat 40 Pengrajin Besi.

“Kawali ini nantinya bukan saya yang ambil, saya hanya simbol untuk menerima. Kawali Mangkau ini milik masyarakat Bone dan akan disimpan di Museum Arajangenge.” Kata Bupati Bone.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Bone, Kepala Dinas Koperasi Kab. Bone, Kepala Dinas Perdagangan Kab. Bone, yang mewakili Kepala Dinas Perindustrian Kab. Bone, Camat Awangpone, Kepala Desa Paccing dan Para Panre Bessi.

×
Berita Terbaru Update