Iklan Header Bone Terkini

Anda Menggunakan Masker? Efektifkah untuk Cegah Corona?



BONETERKINI.ID - Semenjak beberapa kasus pasien Covid-19 terdeteksi positif terdapat di Indonesia. Masker yang biasanya hanya dipakai oleh tenaga medis sekarang telah menjadi barang yang paling dicari oleh masyarakat umum.

Masker kini menjadi salah satu alat pelindung yang digunakan untuk menangkal virus. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaannya tidak salah dan menjadi efektif.

Beberapa petunjuk tata cara menggunakan masker yang disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) :

1. Sebelum memakai masker, dianjurkan membersihkan tangan menggunakan cairan alkohol atau mencucinya menggunakan sabun dan air yang mengalir.

2. Menutupi hidung dan mulut dengan masker serta pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker yang dikenakan.

3. Menghindari menyentuh langsung permukaan masker saat digunakan. Apabila keadaan terpaksa menyentuh masker, cucilah tangan seperti langkah pertama.

4. Mengingat masker hanya didesain hanya sekali pakai maka ketika masker sudah mulai terasa lembab, segera mengganti dengan yang baru.

5. Jika ingin melepas masker, mulai dari belakang bagian pengait yang berada di telinga. Saat melepasnya jangan menyentuh bagian hidung dan mulut, Setelah itu bersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau bersihkan menggunakan cairan alkohol.

6. Usahakan membuang bekas masker ditempat sampah tertutup dan jangan lupa mencuci tangan kembali.

Kesimpulannya jika ingin pemakaian masker menjadi efektif gabungkan dengan rutinitas mencuci tangan sebelum dan setelah memakainya. 

Tidak ada komentar