Iklan Header Bone Terkini

Rencana Pemkab Bone Pasang Bilik Disinfektan di Perbatasan Tuai Kritikan

Rencana Pemkab Bone Pasang Bilik Disinfektan di Perbatasan Tuai Kritikan Warga

loading...

BONE, BONETERKINI.ID - Di tengah keresahan masyarakat akan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Bone, pihak pemerintah terus berupaya agar melakukan pencegahan. Termasuk dengan rencana akan dipasangnya bilik disinfektan di perbatasan-perbatasan.

Namun, rencana pemerintah ini mendapat reaksi negatif dari warga. Mereka menganggap penyemprotan disinfektan ke tubuh manusia sangat berbahaya.

Bone Terkini mencoba mengutip beberapa komentar warga terkait rencana pemasangan bilik disinfektan ini.

"WHO TDK anjurkan disinfektan disemprotkan ke tubuh," tulis akun lamunir.tv.

"Seandainya dari dlu desinfektan aman. Dari dulu ayam yang disemprot desinfektan bukan kandang aya. tapi faktanya desinfektan di semprot untuk kandang ayam bukan ayamnya." tambah muhssalehh_.

"Ini cara yg tek dianjurkan untuk desinfektan lansung kena tubuh.." Komen jumardibinmahmud.

"Salah kaprah deh keknya. Desinfektan tuh bukan disemprotin ke tubuh, makanya who ga recomendasiin., tpi pada permukaan benda. But what ever lah, demi lawan corona wkwk." Tulis shoes_capsppu.

Terkait dengan respons warga tersebut, Bone Terkini melakukan penelusuruan.

Ternyata memang benar, penggunaan disinfektan langsung ke tubuh seseorang, entah menggunakan semprotan biasa atau bilik disinfektan, dilarang keras dilakukan oleh WHO. Dalam akun twitter WHO Indonesia, larangan tersebut disampaikan.

"#Indonesia, jgn menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pd permukaan benda-benda. Ayo #LawanCOVID19 dgn tepat!" Demikian tertulis dalam cuitannya.

Ditemukan pula belasan artikel dari media daring terkait pelarangan penggunaaan bilik disinfektan.

Di Kumparan.com misalnya, ditemukan artikel dengan judul "WHO: Bilik Disinfektan Tidak Efektif Cegah Corona dan Berbahaya Bagi Kesehatan" Juga di Liputan6.com dengan judul  "Pemerintah Tidak Sarankan Bilik Disinfektan untuk Cegah Corona, Ini Alasannya."

Untuk diketahui, rencana pemasangan bilik disinfektan di setiap perbatasan itu disampaikan oleh  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Bone.

Pantauan Bone Terkini, beberap instansi di Kabupaten Bone sudah memasang atau menggunakan bilik disinfektan, termasuk di kantor Pemkab Bone.

Tidak ada komentar