Iklan Header Bone Terkini

Panorama Indah Wisata Goa Mampu di Kabupaten Bone dan Misteri di Baliknya

Panorama Indah Goa Mampu di Kabupaten Bone dan Misteri di Baliknya


BONE, BONTERKINI.ID - Kali ini kita akan membahas misteri salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Bone, Provinis Sulawesi Selatan.  Jika kalian hendak berkunjung ke Bone, rasanya tempat satu wajib menjadi sasaran kunjungan. Ya... Goa Mampu.


Goa Mampu merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Kabupaten Bone. Goa ini berjarak sekitar 35 kilometer dari ibu kota Kabupaten Bone. Letaknya di desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe.  Goa ini juga diketahui sebagai salah satu goa terluas yang di Provinsi sulawesi selatan.

Keindahan di dalam tempat wisata yang ada di Bone ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung. Namun, siapa sangka di balik keindahannya, tersimpan sebuah misteri yang dipercayai tutun temurun oleh masyarakat sekitar.

Oleh masyarakat di sana, misteri goa ini pun lantas disebut sebagai alebborengnge ri Mampu  atau (musibah di Mampu). 


Beberapa Cerita alebboronge ri mampu konon tercatat dalam buku Lontara Bugis. Di sana disebutkan bahwa goa mampu ada karena kisah seorang putri raja yang sangat suka menenun. 

Suatu hari, saat sedang menenun di teras rumah panggungnya, karena mengantuk alat yang disebut walida tersebut jatuh ke tanah.  Karena merasa malas dan gengsi, sang putri pun berkata "siapapun yang bersedia mengambil alat tenun tersebut akan dijadikan suami."

Namun, sayang sungguh sayang, yang membawakan alat tenun tersebut ternyata anjing peliharaan sang putri.  Melihat yang membawa alat tenunnya adalah seekor anjing, sang putri lantas berujar jika apa yang dikatakannya tadi hanyalah candaan.

Namun siapa sangka, ternyata anjing ini dapat berbicara. Ia lantas meminta kepada sang putri untuk tidak mengingkari janjinya. Namun sang putri tetap bersikeras tidak ingin mengakui kata-kata yang diucapkan sebelumnya. 

Ia bahkan memaki-maki anjing itu dengan tangan menunjuk-nunjuk. Anjing ini pun lalu murka, kemudian mengutuk sang putri menjadi batu. Tidak hanya itu, si Anjing juga turut mengutuk seluruh warga yang menunjuk patung putri itu akan menjadi batu.

Demikianlah awal mula hingga akhirnya Mampu menjadi batu seluruhnya. Namun kini, oleh pemerintah setempat, Goa Mampu disulap menjadi objek wisata yang menawan dan indah. 

Ketika masuk ke dalam goa, kamu akan disambut dengan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang sangat rapi. Tidak hanya itu, kilaun lampu warna-warni juga akan memanjakan mata ketika masuk ke goa ini.


Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke tempat ini?

Tidak perlu khawatir! Goa dengan panorama indah ini memiliki akses jalan yang cukup mudah untuk dijangkau. 

Tidak heran jika banyak turis lokal serta mancanegara yang berkunjung ke sini. 

Letaknya di lereng gunung Mampu, desa Cabbeng kecamatan Dua Boccoe, Sulawesi Selatan. Jika ditempuh perjalanan darat menggunakan sepeda motor, butuh waktu 60-90 menit di jalan yang cukup memadai.

Jadi, tunggu apa lagi? AYO KE GOA MAMPU!



Tidak ada komentar