Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

DMI Minta Pengurus Masjid Serukan Protokol Kesehatan Setiap Salat Lima Waktu

Jumat, 17 Juli 2020 | 09:32 WITA | 0 Shares Last Updated 2020-07-17T02:09:34Z
DMI Minta Pengurus Masjid Serukan Protokol Kesehatan Setiap Salat Lima Waktu

BONE, BONETERKINI.ID - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), HM Jusuf Kalla, meminta kepada Pengurus DKM Masjid di seluruh Indonesia, untuk menyampaikan seruan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 setiap melaksanakan salat lima waktu. 
Pimpinan Pusat Dewan Masjid melalui surat bernomor 149-Khusus/PP-DMI/A/VII/2020 pun telah menyusun isi imbauan untuk diserukan 5 kali sehari atau setiap kali azan selesai dikumandangkan. 

Dalam surat tersebut, seruan melalui speaker masjid diminta dibacakan secara khidmat atau menyesuaikan suasana. Adapun isi seruan tersebut di antaranya untuk mengingatkan warga menggunakan masker dan mencuci tangan.

Berikut isi lengkap seruan untuk diumumkan masjid 5 kali sehari:

1. Waktu Fajar/Shubuh/Syuruq (terbit Matahari) 

Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillah, suatu nikmat bahwa pagi ini kita menempuh hari baru lagi. Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT, sehat wal afiat, serta tetap semangat mengharap karunia-Nya untuk hidup bahagia lahir dan bathin.

Pada pagi hari ini sebelum memulai aktivitas rutin kita, saya mengingatkan jangan lupa kenakan masker, selalu cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak dalam setiap kegiatan. Hanya dengan hidup disiplin seperti ini, Insya Allah kita bisa mencegah penularan COVID-19.

Wassalam 'alaikum wr. wb.

2. Waktu Dzuhur

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga kita semua dalam keadaan sehat serta lindungan Allah SWT.

Di tengah-tengah kesibukan kita pada siang hari ini, setelah menunaikan ibadah salat Dzuhur dan mungkin santap siang bagi yang tidak sedang berpuasa, saya mengingatkan kembali sebelum kita melanjutkan aktivitas rutin kita. Jangan lupa kenakan masker, selalu cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak dalam setiap kegiatan: ngobrol relaksasi bersama kolega atau mitra bekerja, dialog, diskusi, rapat serta segala kegiatan bisnis, aktivitas sosial lainnya dan forum kajian keagamaan. Hanya dengan disiplin yang tinggi insya Allah kita bisa menghindarkan dari ancaman penyebaran Covid-19 bahkan kita bisa memotong penularannya.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

3. Waktu 'Ashr

Assalamu alaikum wr. wb.

Semoga kita semua dalam keadaan sehat serta lindungan Allah SWT.

Pada sore hari ini, setelah menunaikan ibadah salat Ashr dan tentunya saat ini kesibukan kita mulai menurun. Banyak di antara kita mulai bergegas kembali ke rumah, menggunakan aneka moda transportasi baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, bus dan kereta. Saya mengingatkan dalam perjalanan pulang Anda, juga bagi mereka yang masih memilih melanjutkan pekerjaan; jangan lupa kenakan masker, selalu cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak dalam setiap kegiatan atau keberadaan Anda.

Hanya dengan hidup disiplin seperti ini, kita bisa mencegah penularan Covid-19.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

4. Waktu Petang/Maghrib


Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga kita semua dalam keadaan sehat serta lindungan Allah SWT.

Hari sudah petang menjelang malam. Usai salat maghrib adalah waktu terbaik berkumpul bersama keluarga. Yakinkan dan pastikan pakaian yang kita gunakan tetap dalam keadaan bersih dan steril dari kuman untuk keamanan kita dan lingkungan. Selalu kenakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Bagi yang masih melanjutkan kegiatan pada waktu malam seperti berdialog, olahraga, rapat serta segala kegiatan bisnis, sosial dan keagamaan agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak. Hanya dengan hidup disiplin seperti ini, kita bisa mencegah penularan Covid-19.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

5. Waktu Isya

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga kita semua dalam keadaan sehat serta dalam lindungan Allah SWT.

Usai salat Isya, malam hari adalah saat kita beristirahat di rumah, berkumpul dan berbagi bersama keluarga. Namun, sebagian di antara kita masih banyak yang berada di luar rumah mungkin melanjutkan kegiatan ataupun menghadiri beragam undangan.

Apa pun kegiatan Anda dan di manapun Anda terutama saat berada di luar rumah, pastikan bahwa Anda tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), selalu pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta jaga jarak. Saat sampai di rumah, sangat dianjurkan cuci muka, tangan atau bahkan mandi serta tanggalkan baju kerja lapangan di keranjang pencucian. Sehingga Anda kembali berkumpul dengan keluarga selalu dalam keadaan bersih dan sehat.

Kata Nabi kita yang mulia, kebersihan adalah sebagian dari pada iman dan jiwa yang sehat pastilah jika fisik jasmaniah sehat. Semoga segala upaya yang kita lakukan dalam mencegah Covid-19 mendapatkan ridha dari Allah SWT. Selamat beristirahat.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

×
Berita Terbaru Update