Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kartu Prakerja Gelombang 4 Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 14:09 WITA | 0 Shares Last Updated 2020-08-08T06:09:02Z
Kartu Prakerja Gelombang 4 Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya

BONE, BONETERKINI.ID - Pendaftaran gelombang IV program kartu prakerja resmi dibuka. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website resmi kartu prakerja (prakerja.go.id) mulai  Sabtu (8/8/20).

"Gelombang 4 akan dibuka, pukul 12.00 WIB dengan kuota peserta sebanyak 800.000 orang," jelas Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiharso.

BACA JUGA: Nenek Di Bone Ditemukan Tewas Tergantung, Sudah Siapkan Kafan Di Rumah

Dalam gelombang keempat tersebut, pemerintah menambah jumlah penerima kartu prakerja menjadi 800 ribu orang. Pendaftaran kini juga bisa dilakukan secara luring.

Penambahan kuota peserta ini sesuai dengan ketentuan baru dalam Peraturan Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020.

Saat ini ada 456.265 peserta yang telah dinyatakan lolos untuk kartu prakerja di gelombang I dan II. Jumlah tersebut masih ditambah sekitar 224 ribu peserta yang diterima pada gelombang III, sehingga total sudah ada sekitar 680 ribu peserta kartu prakerja.

Syarat dan Cara Daftar

Syarat peserta Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Di laman resminya, Prakerja.go.id, terdapat menu daftar pada halaman muka di sisi kiri situs tersebut. Pendaftaran gelombang kedua Prakerja masih sama dengan gelombang pertama.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja gelombang 4.

1. Membuat akun Prakerja

Masuk ke situs www. prakerja.go.id

Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi baru

Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email.

Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja 

2. Isi data diri

Masuk ke akun dengan alamat e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik "Berikutnya" 

Isi data diri dengan lengkap formulir Kartu Prakerja (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik "Berikutnya" 

Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS 

3. Ikuti tes

Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit

Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu 

Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes

Setelah mendapatkan e-mail pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Adapun besaran nilai insentif yang akan diberikan masih sama dengan yang ditetapkan pada gelombang-gelombang sebelumnya, yakni sebesar Rp 3,55 juta.

Secara lebih rinci, insentif tersebut terdiri atas voucher Rp 1 juta untuk membeli pelatihan yang ditawarkan Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir dan Sisnaker.

Setelah menyelesaikan pelatihan peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang masing-masing besarannya Rp 600.000 ribu per bulan. Kemudian, peserta juga akan mendapatkan insentif dari pengisian survei sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei.

×
Berita Terbaru Update