Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Selain KPK, Ini 3 Gedung Kementerian dan Lembaga Negara yang Lockdown karena Corona

Sabtu, 29 Agustus 2020 | 15:28 WITA | 0 Shares Last Updated 2020-08-29T07:29:29Z
Selain KPK, Ini 3 Gedung Kementerian dan Lembaga Negara yang Lockdown karena Corona

BONE, BONETERKINI.ID - Sejumlah gedung lembaga negara dan kementerian ditutup atau lockdown sementara untuk proses sterilisasi. 

Seperti gedung KPK yang harus lockdown usai sejumlah penyidik KPK tertular virus corona, termasuk penyidik senior Novel Baswedan.

BACA JUGA: Bertambah 3.003 Orang, Ini Sebaran Kasus Corona di 34 Provinsi

Terbaru, gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di-lockdown beberapa hari ke depan karena ditemukan sejumlah pegawai yang positif virus corona. 

Namun sebelum Kominfo dan KPK, ada sejumlah gedung pemerintah lain di Jakarta yang di-lockdown karena kasus virus corona.

Gedung Ditjen Imigrasi Kemenkumham

Pada 12 Agustus lalu, Gedung Ditjen Imigrasi (eks Sentra Mulia) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) lockdown hingga 21 Agustus, usai 4 pegawainya positif virus corona. 

Penutupan sementara gedung tersebut diumumkan melalui surat bernomor SEK-OT.02.02-33 tertanggal 11 Agustus 2020 yang diteken Sekjen Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto.

Dalam surat itu, seluruh pimpinan tinggi dan ASN yang berdinas di gedung tersebut diminta bekerja dari rumah (work from home). Selama lockdown, gedung disemprot disinfektan dan disterilisasi.

Gedung yang di-lockdown itu merupakan tempat Menkumham Yasonna Laoly biasa berkantor. Namun dipastikan Yasonna dalam kondisi sehat dan tetap bekerja di kantor, namun dipindahkan ke gedung lain. 

Gedung C Kementan

Gedung C Lantai 6-9 Kompleks Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Selatan, lockdown selama tiga hari pada 24-26 Agustus 2020 lalu, usai 17 pegawai di lingkup Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) positif virus corona.

Selama lockdown, Kementan menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home) dan wajib melaporkannya sesuai Surat Edaran sebelumnya terkait WFH. Sementara pegawai yang positif virus corona menjalani isolasi mandiri.

Mentan Syahrul Yasin Limpo langsung mengecek fasilitas kemanan dan penunjang lainnya di gedung-gedung di lingkungan Kementan. Pengecekan ini juga guna memastikan protokol kesehatan di lingkungan Kementan benar-benar diterapkan dengan baik. 

Gedung Kominfo

Kantor Kominfo di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, lockdown, mulai Jumat (28/8/20), usai ditemukan sejumlah pegawai yang terinfeksi virus corona. 

Menurut Menkominfo Johnny G. Plate, total ada 30 pegawainya yang positif virus corona. Namun sebanyak 17 orang telah sembuh dan 13 orang lain masih dalam proses penyembuhan.

Saat ini sudah tidak ada lagi aktivitas yang dilakukan pegawai di Kantor Kominfo. Seluruh pegawai melaksanakan WFH dan baru kembali bekerja di kantor pada Senin (7/9/20) mendatang.

Gedung KPK

Gedung KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, lockdown dan disterilisasi, usai sejumlah penyidik positif virus corona, termasuk Novel Baswedan. 

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, proses sterilisasi akan dimulai Sabtu (29/8) hingga Senin (31/8). Sejauh ini, ia belum mengetahui sumber penularan di kalangan penyidik. 

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango, menyatakan Gedung KPK akan di-lockdown selama tiga hari, mulai Senin (31/8/20) hingga Rabu (2/9/20). 

Seluruh pegawai KPK pun bakal bekerja dari rumah. Namun kebijakan tersebut dikecualikan bagi beberapa pegawai di Kedeputian Penindakan dengan sistem sif. 

×
Berita Terbaru Update