Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hebat, Lanca Canangkan Kampung Literasi

Jumat, 18 Desember 2020 | 12:11 WITA | 0 Shares Last Updated 2020-12-18T04:11:33Z
Hebat, Lanca Canangkan Kampung Literasi
Perencanaan kampung literasi desa Lanca, Kecamatan Tellu Siattinge




BONE, BONETERKINI.ID - Bupati Bone,  Fahsar M. Padjalangi, menghadiri Pencanangan Kampung Literasi Desa Lanca yang merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkuat vitalitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Kamis (17/12/20).


Bupati Bone mengapresiasi dan mengharapkan agar keberadaan kampung literasi menjadi salah satu langkah nyata dalam memberikan kemudahan layanan informasi serta akses pengetahuan di masyarakat.


“Oleh karena itu, saya atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran PKBM Generasi Mandiri, yang telah bekerja keras, dalam membina Desa Lanca ini sebagai salah satu kampung literasi di kabupaten Bone”


“Semoga langkah ini menjadi bentuk sinergitas antara PKBM Generasi Mandiri dengan visi misi pemerintah daerah kabupaten Bone dalam mewujudkan masyarakat Bone yang mandiri, berdaya saing, dan sejahtera” pungkasya


Progam Kampung Literasi merupakan inisiasi oleh Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat melalui bantuan berupa dana untuk pengembangan literasi di tingkat kampung/desa.


Bantuan digunakan untuk penyediaan bahan bacaan, sarana baca, dan kegiatan literasi dengan pendekatan konteks lokal. Di samping itu, masyarakat kampung literasi bukan diposisikan sebagai objek program, melainkan terlibat menjadi bagian program literasi itu sendiri.


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Mandiri (PKBM GEMA) merupakan sebuah lembaga non profit yang bergerak di bidang pendidikan nonformal, pelatihan, dan pemberdayaan masayarakat.


Selain PKBM Gema Mandiri Desa Lanca, di kabupaten Bone terdapat beberapa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Di antaranya PKBM Mawar Lapanni Kelurahan Waetuo Kecamatan Tanete Riattang Timur.


Bahkan PKBM Mawar Lapanni ini membentuk home industri dan produknya banyak didapati di toko-toko. Mereka sudah memanfaatkan teknologi untuk pemasaran produk. Dan sudah memiliki website sendiri, serta sudah memiliki lagu mars sendiri.


Tidak hanya itu, PKBM Mawar Lapanni ini memiliki tutor dengan prestasi tingkat nasional tahun ini, yaitu meraih Medali Perak pada Ajang Gurulympics 2020.

×
Berita Terbaru Update