Iklan

Admin Bone Terkini
Minggu, 07 Februari 2021, 20:55 WITA
Last Updated 2021-02-07T13:44:57Z
Bone TerkiniLifestyle

Ini Dia 5 Jenis Usaha/Bisnis yang Paling Terdampak di Bone karena COVID-19

Ini Dia 5 Jenis Usaha / Bisnis yang Paling Terdampak di Bone karena COVID-19
Ini Dia 5 Jenis Usaha/Bisnis yang Paling Terdampak di Bone karena COVID-19. (Ilustrasi)



BONE TERKINI, BONE - Tahun 2020 benar-benar kelabu. Pandemi virus COVID-19 memberikan dampak begitu besar di berbagai sektor, terutama ekonomi. Dalam waktu sekejap, ekonomi tiba-tiba ambruk akibat virus COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia.


Pembatasan aktivitas masyarakat tentu berpengaruh besar pada aktivitas bisnis, yang kemudian berimbas pada perekonomian. Kinerja ekonomi yang melemah ini turut pula berdampak pada situasi ketenagakerjaan di Indonesia.


Tak sedikit perusahaan yang bangkrut, bisnis sepi, sehingga membuat seseorang harus melakukan persiapan ulang agar tetap bertahan dalam kondisi pandemi. Hal ini tentunya juga dirasakan masyarakat Kabupaten Bone.


Berikut 5 Jenis Usaha / Bisnis yang Paling Terdampak di Bone karena COVID-19:


1. Hotel dan Penginapan

Ilustrasi Hotel/penginapan


Industri hotel dan penginapan di menjadi salah satu usaha yang paling terdampak COVID-19.
Selama pandemi virus Corona di Kabupaten Bone. Sebab orang-orang diwajibkan untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, serta di beberapa wilayah di Indonesia terpaksa mengkarantina penduduknya dengan kebijakan lockdown.


Bahkan demi bertahan hidup, penginapan tertentu mengubah konsep usahanya dengan menawarkan paket karantina diri bagi mereka yang dalam lingkungan.


2. Bioskop

Ini Dia 5 Jenis Usaha / Bisnis yang Paling Terdampak di Bone karena COVID-19
Planet Cinema, Bone.


Data terbaru di bulan Maret 2020, sekitar 50% orang membatasi aktivitas hiburan atau aktivitas hiburan selama masa pandemi yang membuat pelaku usaha bioskop tersendat dan menutup tempat hiburan tersebut. Termasuk di Bone. 


Bahkan sejak COVID-19 merebak, banyak proses produksi film yang berhenti serta bioskop-bioskop yang tutup. Hal ini sangat berdampak pada industri perfilman, termasuk di Indonesia.


3. Penyelenggara Pernikahan

Ini Dia 5 Jenis Usaha / Bisnis yang Paling Terdampak di Bone karena COVID-19
Ilustrasi


Wedding Organizer menjadi salah satu jenis usaha yang terdampak COVID-19 di Bone.  Bahkan dengan adanya imbauan tak berkerumun, membuat banyak orang terpaksa menunda untuk menggelar resepsi pernikahan. Sehingga ini membuat tugas Wedding Organizer tak lagi berguna. Karena pernikahan kini dibuat lebih sederhana tanpa harus adanya resepsi


4. Bisnis Karaoke

Ini Dia 5 Jenis Usaha / Bisnis yang Paling Terdampak di Bone karena COVID-19
Ilustrasi Karaoke.


Virus Pandemi corona sangat berdampak pada karaoke di Bone, bahkan beberapa tempat tidak beroperasi selama beberapa bulan pandemi COVID-19.


Sebab tempat karaoke bisa jadi salah satu kluster penularan karena orang banyak berkumpul dalam satu ruangan tanpa jarak yang diatur. Hal ini sangat berdampak pada industri perfilman, termasuk di Indonesia.


5. Pariwisata 

Ini Dia 5 Jenis Usaha/Bisnis yang Paling Terdampak di Bone karena COVID-19
Tanjung Pallette


Sektor pariwisata menjadi salah satu yang paling terpukul karena efek gulir virus corona. Padahal, kawasan wisata menjadi andalan masyarakat berakhir pekan. Tak ayal, pelaku industri pariwisata juga bakal tersendat.


Imbasnya, beberapa tempat wisata harus tutup akibat tidak ada pengunjung. Hal ini sesuai untuk sektor pariwisata di Bone.


Itulah 5 sektor usaha di Bone yang paling merugi karena adanya pandemi COVID-19. Semoga pandemi tersebut segera berakhir dan kondisi bisa kembali seperti semula.