Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Resep Makanan Bugis Lawa Bale

Rabu, 10 Februari 2021 | 07:00 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-02-10T10:09:12Z
Resep Makanan Bugis Lawa Bale
Resep Makanan Bugis Lawa Bale

BONE TERKINI, BONE - Lawa Bale merupakan salah satu makanan khas suku Bugis yang wajib anda coba. Kuliner ini menjadi salah satu favorit masyarakat Bone terutama bagi mereka yang berada di pesisir.


Lawa Bale terbuat dari ikan segar mentah yang baru saja ditangkap, sama seperti bahan makanan Jepang yakni Sushi dan Sashimi sehingga banyak orang yang enggan mencicipi makanan unik ini.


Pemilihan ikan segar sebagai bahan utama tentunya bukan tanpa alasan, sebab penggunaan ikan yang segar akan membuat Lawa Bale memiliki rasa yang lebih nikmat saat disantap.


Meski terbuat dari ikan segar, rasa Lawa Bale tidak seburuk bahkan  seamis yang anda bayangkan karena telah dicampur dengan beberapa bahan lainnya.


Seperti penggunaan air asam cuka sebagai rendaman untuk menghilangkan bau amis ikan.


Sementara untuk ikan yang digunakan sangat beragam, tergantung dari selera penikmatnya. 


Lawa Bale menjadi sangat nikmat jika ditambahkan dengan bahan lainnya seperti parutan kelapa yang terlebih dahulu melalui proses sangrai atau dibakar.


Kemudian ditambahkan dengan mangga muda dan juga perasan jeruk nipis yang akan menambah rasa makanan unik ini semakin mantap.


Selain rasanya yang lezat, menurut kepercayaan suku Bugis, mengkonsumsi Lawa Bale akan meningkatkan vitalitas pada pria. 


Tenang saja, makanan satu ini hanya menggunakan daging ikan sebagai bahan olahan dan membuang bagian tulang hingga kepalanya. 


Berikut ini cara membuat makanan khas suku Bugis "Lawa Bale":


Berikut 4 Bahan yang harus anda siapkan :


1. Siapkan 1/2 kilo - ikan teri basah segar (ikan sesuai selera), pisahkan tulangnya,


2. Siapkan 10 buah - Belimbing Sayur atau jeruk nipis,


3. Siapkan 1/2 - Kelapa setengah tua,Parut.


4. Siapkan 1/2 sdt - Garam Halus.


Step cara buat Lawa Bale/Ikan (Asli Bugis) berikut ini :


Bersihkan ikan yg telah dipisahkan dari tulangnya, lalu iris tipis belimbing sayur, kemudian campur keduanya, remas agar air belimbing meresap ke ikan, dan sisihkan.


Sangrai kelapa parut dengan satu kali balik, lalu biarkan agak mengering, kemudian balik lagi sampai kelapa agak kering.


Peras ikan yg telah dicampur dengan belimbing, kemudian satukan semua bahan aduk rata, siap disantap.


Itulah resep untuk membuat makanan khas Bugis Lawa Bale. Caranya sangat gampang, bahan-bahannya pun mudah diperoleh. Nah apakah anda tertarik untuk mencicipi sashimi khas Indonesia ini?


×
Berita Terbaru Update