Iklan

Admin Bone Terkini
Senin, 08 Februari 2021, 06:30 WITA
Last Updated 2021-02-09T02:11:57Z
BoneBone Terkini

Yuk Intip Kekayaan Jusuf Kalla, Crazy Rich dari Tanah Bugis Bone

Yuk Intip Kekayaan Jusuf Kalla, Crazy Rich dari Tanah Bugis Bone
FOTO: Muhammad Jusuf Kalla
 
BONE TERKINI, BONE - Muhammad Jusuf Kalla siapa yang tidak mengenalnya? Aktivis HMI dan KAMI di pengujung era Sukarno, pernah menjabat menteri dua kali, eks ketum Partai Golkar, dan Wakil presiden dua kali. 

Nah di Sulawesi Selatan atau Makassar biasanya warga memanggil nya dengan nama Daeng Ucu. Ia merupakan anak dari pasangan Haji Kalla dan Athirah kekayaan keluarganya mulai dikumpulkan saat mendirikan N.V Hadji Kalla di tahun 1952 lalu, kemudian terus mengalami perkembangan hingga kini dan dipayungi holding company Kalla Group.
 

Yuk Intip Kekayaan Jusuf Kalla, Crazy Rich dari Tanah Bugis Bone
Orang tua Jusuf Kalla.

 
Sudah kondang sebagai pemimpin dan orang kaya lama. Kira-kira seberapa kaya yah?

Kalau anda pernah naik pesawat dan menyebrang dengan garbarata biasanya akan ada tulisan bahwa konstruksi tersebut diproduksi oleh PT Bukaka Teknik Utama yang merupakan perusahaan yang dinaungi Kalla Group.

Selain itu Kalla Group juga menjadi salah satu perusahaan yang lebih awal menjual mobil Toyota di Indonesia. Bahkan penanamaan Kijang (Kerja Sama Indonesia Jepang) merupakan pemberian Jusuf Kalla terhadap mobil yang didaur ulang Toyota itu.

Jusuf Kalla juga merupakan pemilik Bosowa Group bersama iparnya Aksa Mahmud yang menjadi salah dua patron keluarga terkaya di Indonesia. 

Selain itu pada 2009 kekayaan Jusuf Kalla naik drastis dan terdaftar masuk peringkat ke 29 orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan nilai kekayaan mencapai 185 juta dollar AS atau setara dengan Rp2,035 Triliun.

Lalu seberapa kaya JK hari ini?

Berdasarkan data yang terdapat di LKHPN per 2019, ternyata jumlah kekayaan JK menurun. Meski begitu ia melaporkan memiliki 71 item tanah dan bangunan dengan total bernilai Rp263,7 miliar. 

Tanah dan bangunan ini tersebar di Makassar, Bone, Gowa, Takalar, Kendari, Palu, Maros, Bogor, Pariaman, Batusangkar, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Badung, dan Melbourne.
 
Yuk Intip Kekayaan Jusuf Kalla, Crazy Rich dari Tanah Bugis Bone
Jusuf Kalla bersama Istri, Mufida Jusuf Kalla.

 
Sebagai juragan Toyota di Indonesia tentunya ia memiliki berbagai jenis merek Toyota seperti Toyota Crown 1994, jeep Toyota Land Cruiser 1996, Toyota Kijang 2000, sedan Toyota Prius Hybrid 2009, dan sedan Lexus LS460 2009 yang nilainya mencapai Rp 975 juta.

Selain tanah, bangunan dan mobil ternyata JK juga memiliki harga bergerak sebanyak Rp 3,2 miliar, surat berharga dengan nilai Rp 77,2 miliar, kas dan setara kas mencapai  Rp 21,4 miliar, dan kekayaan lainnya sebanyak Rp 534 miliar. 

Bahkan Jusuf Kalla telah melaporkan jumlah kekayaan tersebut dengan total mencapai Rp 900,8 miliar kepada LHKPN.