Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Budayawan Bone Minta Masyarakat Berkolaborasi untuk Merekonstruksi dan Merevitalisasi Bola Soba

Sabtu, 20 Maret 2021 | 22:18 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-03-20T14:21:12Z
Budayawan Bone Minta Masyarakat Berkolaborasi untuk Merekonstruksi dan Merevitalisasi Bola Soba
Abdi Mahesa.


BONE TERKINI, BONE -
Rumah adat bersejarah kerajaan Bone 'Bola-soba' di jalan Latenritata, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dilalap si jago merah, Sabtu (20/3/2021) dini hari.


Saksi mata kejadian, Adri mengatakan, kebakaran terlihat sekitar pukul 03.30 Wita dan api berawal muncul dibagian belakang rumah adat.


Tidak lama dari kejadian itu, pihak Damkar (Pemadam Kebakaran) langsung berupaya memadamkan api. Hampir sebagian besar induk rumah ludes dilalap api. 


Hanya lego-lego atau teras depan yang masih berdiri kokoh. Adapun barang yang berhasil diselamatkan hanya sebuah etalase yang berisi Songkok Recca (kopiah tradisional), sebuah payung adat dan sebuah senjata meriam peninggalan kerajaan.


Abdi Mahesa selaku Budayawan Sulawesi Selatan merasa sangat prihatin dan berduka atas kejadian yang menimpa bekas Istana Raja Bone ke-31 ini. Menurutnya, bangunan ini adalah benteng terakhir saksi bisu kebesaran Kerajaan Bone di masa lampau. 


Ia menyadari bahwa masyarakat Bone tentu memiliki ikatan batin dan hubungan emosional yang kuat dan erat dengan bangunan monumental ini. Apalagi bangunan ini adalah simbol identitas daerah.


"Bola Soba telah menempati perannya sebagai spektrum persatuan dan ikatan masyarakat Bone dalam merefleksikan jiwa historisnya. Bangunan ini sangat strategis dalam menggugah semangat tradisional masyarakat hari ini."


"Dan yang terjadi sekarang adalah banyak masyarakat yang merasa terpukul dan kehilangan akan simbol kebesaran ini. Wajar saja tagline-tagline kesedihan dan ungkapan perasaan masyarakat banyak di jumpai di media sosial." terangnya.

×
Berita Terbaru Update