Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Litbang Makassar Gelar Transliterasi Naskah Kuno Lontara

Kamis, 25 Maret 2021 | 16:17 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-03-25T10:35:51Z
Litbang Makassar Gelar Transliterasi Naskah Kuno Lontara
Litbang Makassar laksanakan finalisasi transliterasi dan penerjemahan naskah klasik keaagamaan



BONE TERKINI, MAKASSAR - Balai Penelitian dan Pengembangan Agama ( Litbang) Makassar kembali menggelar kegiatan transliterasi dan penerjemahan naskah-naskah lama maupun manuskrip yang beraksara lontara dan serang. 


Kegiatan tersebut dilaksanakan di hotel Mercure Nexa, Jalan Andi Pangerang Pettarani Makassar pada tanggal 24-27 Maret dan merupakan bagian dari pengembangan bidang lecture khazanah keagamaan Makassar. 


Adapun penelitian itu merupakan lanjutan dari tim peneliti lecture yang telah menemukan beraneka ragam manuskrip dikawasan Indonesia timur, salah satunya naskah berasal dari Bone beraksara lontara yang membahas tentang “assikalaibineng”.


“ Kegiatan ini merupakan tahap ketiga, rentetan bagian transliterasi dan terjemahan naskah klasik keagamaan tahap pertama itu kita melaksanakan pengujian draf naskah klasik keagamaan, setelah pengujian kedua yaitu pembahasan dan yang ketiga adalah finalisasi “ terang Hamsiati salah satu peneliti di bidang lecture khazanah keagamaan.


Menurutnya kegiatan yang dilakukan itu bertujuan mengenalkan naskah-naskah maupun manuskrip kepada masyarakat umum.


“Tujuan ini sendiri adalah, ingin mengenalkan naskah kepada masyarakat umum (luar) bahwasanya naskah atau manuskrip itu bukan hanya benda Pusaka tapi sebagai bahan pustaka “ sambungnya.


×
Berita Terbaru Update