Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Ini Dia Sederet Tokoh yang Hadir Dalam Ritual Adat Mattompang Arajang pada HJB 691

Rabu, 07 April 2021 | 21:38 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-04-07T13:38:39Z

Ini Dia Sederet Tokoh yang Hadir Dalam Ritual Adat Mattompang Arajang pada HJB 691
Puluhan tokoh dan pejabat dari penjuru tanah air hadir dalam Mattompang Arajang.

BONE TERKINI, BONE - Hari ini, Rabu, 7 April 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone menggelar ritual adat Mattompang Arajang  di halaman Rujab Bupati Bone, Jl. Petta Ponggawae, Watampone.


Mattompang Arajang sendiri merupakan ritual adat  pembersihan atau penyucian benda-benda pusaka peninggalan kerajaan Bone di setiap momen Hari Jadi Bone setiap tahunnya.


Benda-benda pusaka yang dimaksud di antaranya Teddung Pulaweng, Lamakkawa, Latea Riduni, Lasalaga, dan Sembang Pulaweng, serta masih banyak benda peninggalan kerajaan lainnya, terutama peninggalan Raja Bone Ke-15 La Tenritatta Arung Palakka Daeng Serang Malampe-E Gemme'na.


Kesemua benda-benda peninggalan kerajaan tersebut tersimpan dengan baik di Museum Arung Palakka (Museum Arajange) yang berada di Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone.


Saat memberi sambutan dalam Upacara Adat Mattompang Arajang tadi, Bupati Bone H. A. Fahsar M. Padjalangi, mengucapkan terima kasih kepada seluru pejabat dan tokoh asal Bone yang meluangkan waktu untuk hadir.


“Atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Bone, saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan untuk hadir secara bersama-sama di Bumi Arung Palakka,” katanya.


“Betapa besar tepedulian terhadap kabupaten Bone, wujud nyata sinergitas positif dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” kata Bupati Bone.


Ritual adat Mattompang Arajang ini dihadiri sejumlah tokoh dari penjuru tanah air, di antaranya Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam.


Ini Dia Sederet Tokoh yang Hadir Dalam Ritual Adat Mattompang Arajang pada HJB 691
Persiapan ritual Mattompang Arajang.


Hadir pula anggota DPR RI, Andi Rio Idris Padjalangi serta anggota DPRD Provinsi Sulsel yang juga merupakan putra asli dari Bone.


Selain itu hadir turut Bupati dan Wakil Bupati baik dari Sulsel dan luar Sulsel. Di antaranya ada Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, Wakil Bupati Wajo, Amran.


Hadir pula Wakil Bupati Mamuju, Ado Mas’ud, Wakil Bupati Kartanegara, Rendi Sholihin, Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli.


Prosesi Mattompang Arajang ini sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan dalam peringatan hari jadi Bone yang ke-691 tahun. 

×
Berita Terbaru Update