Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Kunker di Bone, Kapolda Sulsel Dianugerahi Gelar Adat Lasalipu Daeng Marakka

Rabu, 07 April 2021 | 10:09 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-04-07T02:09:57Z
Kunker di Bone, Kapolda Sulsel Dianugerahi Gelar Adat Lasalipu Daeng Marakka
Kapolds Sulsel,  Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, disambut secara adat saat melakukan kunjungan kerja ke Bone, Selasa, 6 April 2021.


BONE TERKINI, BONE - Bertepatan dengan Hari Jadi Bone HJB 691 kemarin, Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam selaku Kapolda Sulsel melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bone, Selasa, 6 April 2021.


Kapolda Sulsel tiba di Bumi Arung Palakka dengan didampingi Ketua PD Bhayangkari Sulsel Ibu Shanty Merdisyam, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. E.Zulpan dan para PJU Polda Sulsel lainnya.


Pemkab Bone pun menyambut Kapolda dan rombongan secara adat, seperti penggunaan Teddung Pulaweng, Tarian Padduppa, osong, dan Pengalungan bunga kepada Kapoda Sulsel dan Ibu Kapolda.


Penyambutan ini dilakukan langsung oleh Bupati Bone Dr.H. A.Fahsar M. Padjalangi, M.Si. bersama Forkopimda Bone di Rujab Bupati Bone, Jl. Petta Ponggawae, Watampone.


Dalam kesempatan itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam diberikan gelar kehormatan oleh Dewan Adat Bone dengan gelar “Lasalipu Daeng Marakka” yang artinya pemimpin yang mampu memberikan perlindungan keamanan, ketertiban masyarakat pemberani, bijaksana, cekatan dan lincah dalam mengambil tindakan.


Pemberian gelar adat itu ditandai dengan pemasangan sarung sutera, jas tutup adat Bone, songkok Recca dan Keris oleh Bupati Bone di Museum Arajange.


Kapolda Sulsel mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih atas amanah diberikan gelar kehormatan oleh Dewan Adat Bone.


“Suatu kehormatan besar bagi saya pribadi dan juga Polri karena mendapatkan suatu kepercayaan amanah dari kerajaan Bone melalui pemangku adatnya yang menganugerahkan gelar kehormatan,” kata Kapolda Sulsel


Kata dia, Kerajaan Bone yang merupakan kerajaan besar masa lampau kaya akan budaya di mana kearifan lokal masih sangat dijunjung tinggi.


Ia pun berharap agar budaya-budaya dan tradisi tersebut bisa terus dilestarikan sehingga tidak tergerus oleh zaman.


"Harus dijaga kearifan lokal sebagai bentuk kecintaan kita kepada budaya bangsa,” katanya.


Tak lupa dia juga mendoakan Kabupaten Bone dapat berkembang dan semakin maju di masa mendatang. Terutama dalam hal kesejahteraan masyarakat.


"Apalagi Bone ini memiliki sumber daya yang luar biasa dan kekerabatannya juga sangat besar semua ini sebagai modal utama pembangunan masyarakat,” kata mantan Kapolda Sulawesi Tenggara ini.


Sementara itu Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi,M.Si. mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sulsel telah meluangkan waktu berkunjung ke Bone menghadiri Hari Jadi Bone ke-691.


“Saya sangat berterima kasih kepada Kapolda Sulsel, Forkopimda Sulsel yang datang langsung ke Bone, ini menjadi kebanggaan kita semua dan menjadi spirit dalam membangun Bone,” kata Bupati Bone.


“Demikian pula kepada seluruh warga Bone yang berdomisili di luar, dalam setiap perayaan mereka senantiasa semua mendoakan tanah luhurnya Bone,” kata Bupati Bone.

×
Berita Terbaru Update