Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Waspada Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Meter di Teluk Bone

Jumat, 02 April 2021 | 11:50 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-04-02T03:50:27Z
Waspada Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Meter di Teluk Bone
Ilustrasi gelombang tinggi.


BONE TERKINI, BONE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Sulsel pada 1-3 Maret 2021, termasuk Teluk Bone.


Menurut BMKG, gelombang tinggi terjadi oleh karena adanya tekanan rendah 1004 hPa di Laut Banda, 1005 hPa di Laut Mindanao sebelah utara Pulau Maluku.


Tekanan rendah inilah mengakibatkan daerah pertemuan angin di wilayah Laut Karimata hingga Pulau Sulawesi yang berdampak pada peningkatan curah hujan dan kecepatan angin 20-40 knot.


"Tingginya kecepatan angin ini berdampak adanya peningkatan tinggi gelombang khsususnya di perairan Sulawesi Selatan." Tulis BMKG dalam pengumuman yang dikeluarkan.


Tinggi gelombang setinggi 1.25-2.5 m terjadi di Perairan Pare-Pare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan Spermonde Makassar, Perairan Sabalana dan Teluk Bone bagian selatan. 


Sementara gelombang dengan ketinggian  2.5-4.0 m terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan barat Kep. Selayar, Perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian utara dan Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian selatan.                        

Sedangkan gelombang 4.0-6.0 m terjadi di Laut Flores bagian timur.           


×
Berita Terbaru Update