Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Amerika Serikat Bakal Sumbang 4 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Indonesia

Minggu, 04 Juli 2021 | 11:23 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-07-04T03:23:15Z
Amerika Serikat Bakal Sumbang 4 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Indonesia
Foto: Istimewa



BONETERKINI.ID - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan menyumbangkan 4 juta vaksin Moderna ke Indonesia melalui COVAX yang merupakan lembaga untuk memastikan setiap negara memperoleh akses adil terhadap vaksin COVID-19.


Hal itu disampaikan oleh Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada Jumat (2/7/2021) sebagai bentuk dukungan Amerika Serikat terhadap lonjakan kasus di Indonesia.


"Sullivan menegaskan dukungan Amerika Serikat untuk masyarakat Indonesia dalam upaya melawan kasus-kasus COVID-19 yang meningkat tajam,” tulisnya seperti dikutip dari website Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia.


Selain itu Sullivan dan Retno juga mendiskusikan rencana AS untuk meningkatkan bantuan bagi Indonesia dalam upaya tanggap COVID-19 yang lebih luas lagi.


“Sullivan menggarisbawahi arti penting Indonesia, Asia Tenggara, dan upaya mengakhiri pandemi secara lebih luas bagi pemerintahan Biden-Harris, dan menjanjikan dukungan berkelanjutan serta keterlibatan tingkat tinggi,” katanya, merujuk pada Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris.


COVAX merupakan sebuah inisiatif yang dipimpin oleh aliansi vaksin GAVI, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) pbulan April oleh WHO, Komisi Eropa, dan Prancis sebagai tanggapan atas pandemik COVID-19.


Sementara Vaksin Moderna sendiri merupakan vaksin buatan perusahaan Amerika Serikat. Vaksin ini disebut memiliki efikasi 94,1 persen. Vaksin moderna menjadi vaksin yang menggunakan hasil teknologi messenger ribonucleic acid (mRNA) pertama yang mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

×
Berita Terbaru Update