Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Jelang Idul Adha, Kenali Risiko Komsumsi Daging Bagi Kesehatan

Selasa, 13 Juli 2021 | 19:03 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-07-13T11:03:40Z
Jelang Idul Adha, Kenali Risiko Komsumsi Daging Bagi Kesehatan
Foto: Istimewa



BONETERKINI.ID - Lebaran Idul Adha atau hari raya Qurban tinggal menghitung hari, perayaan ini identik dengan hidangan makanan bersantan terutama berbahan dasar daging mulai dari menu sate, gule, konro ataupun coto. Bagi sebagian orang, mungkin godaan makan daging sulit untuk dihindari. 

Meski sebenarnya daging merupakan sumber makanan yang tinggi protein dan tinggi akan lemak, namun perlu diwaspadai sebab mampu memicu beberapa penyakit jika dikosumsi dalam porsi yang besar.

Jadi penting bagi seseorang untuk mengenali dan membatasi komsumsi daging saat lebaran jangan sampai melebihi kebutuhan gizi harian pada tubuh. 

Berikut sejumlah dampak negatif yang harus anda ketahui dalam mengonsumsi daging, diantaranya:

1.  Cepat Lelah dan Pusing

Salah satu ahli gizi Carrie Gabriel mengungkapkan bahwa daging sulit untuk dicerna maka dari itu tubuh akan membutuhkan tenaga yang besar untuk mencerna daging. Oleh karena itu, saat memakan terlalu banyak daging, tubuh akan mudah merasa lelah bahkan pusing.

2.  Masalah pencernaan

Kandungan protein tinggi dalam daging bisa membuat pencernaan bermasalah terlebih jika tidak diimbangi dengan serat yang cukup. Karena dalam organ pencernaan manusia terdapat bakteri-bakteri yang membutuhkan berbagai nutrisi seperti karbohidrat kompleks serta serat dari sayur, buah-buahan dan biji-bijian. 

3. Sembelit

Ahli diet Jenn LaVardera mengungkapkan terlalu banyak memakan daging bisa menyebabkan sembelit karena daging tidak memiliki serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. 

Maka untuk mencegah sembelit setelah banyak memakan daging, kita harus kombinasikan hidangan daging yang akan dikomsumsi dengan banyak sayuran dan buah-buahan.

4. Memperburuk penglihatan

Selain kandungan protein yang tinggi dalam daging ternyata juga terdapat lemak jenuh yang menjadi bahaya bagi pembuluh darah kecil pada mata sehingga dapat meningkatkan risiko kerusakan penglihatan.

×
Berita Terbaru Update