Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Mengenal Dongga, Makhluk Tinggi dan Misterius dari Sulawesi Selatan

Kamis, 08 Juli 2021 | 20:13 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-07-08T13:13:12Z
Mengenal Dongga, Mahluk Tinggi dan Misterius dari Sulawesi Selatan
Ilustrasi Dongga atau Longga


BONE, BONETERKINI.ID - Dongga atau Longga merupakan salah satu kisah hantu yang berasal dari Sulawesi Selatan. Makhluk ini dikenal memiliki bentuk yang tinggi dan besar bahkan setinggi pohon kelapa dan berwujud menakutkan dengan warna hitam di sekujur tubuhnya, seperti sebuah bayangan.


Lantas apa itu Dongga atau Longga? Simak penjelasannya berikut ini:


Kebanyakan masyarakat Bugis Bone dan Sinjai menyebut hantu ini sebagai Dongga. Sementara di daerah Pangkep, Gowa dan Makassar menyebutnya Longga. 


Jejak kaki Dongga dianggap menyerupai manusia, ada juga yang menganggap bahwa sosok ini mamiliki warna kulit yang pucat dengan kaki yang dipenuhi bulu penuh kotoran. 


Hantu ini dikenal sering muncul saat malam hari sehingga sulit digambarkan bentuk perawakannya, dan sering berada diantara pepohonan yang tinggi. Bahkan ada satu cerita tentang mahluk ini dimana ada satu orang yang sedang bersandar di pohon yang ternya merupakan kaki hantu Dongga.


Mayoritas masyarakat di Susel Dongga merupakan mahluk yang memiliki aura jahat atau disebut setan, bahkan sosok ini kerap kali menganggu manusia dan bagi siapapun yang melihat sosok ini, di pastikan tubuhnya akan mengalami sakit, seperti panas tubuh meningkat, kerasukan, trauma berkepanjangan, hingga menyebabkan kematian. Sehingga Dongga dikenal sosok dari hantu pencabut nyawa.


Dongga juga diceritakan sebagai hantu yang suka menculik anak-anak bahkan sudah ada beberapa korban. Biasanya korban ini di temukan setelah tiga hari menghilang dengan kondisi tubuh yang mengenaskan baik masih hidup maupun tidak. 


Maka dari itu Masyarakat di Sulawesi Selatan akan menjaga anak mereka dengan baik terlebih saat menjelang magrib. Dimana anak-anak sudah harus berada dalam rumah. Selain itu untuk menghindari gangguan Dongga tentunya kita harus rajin ibadah dan memperkuat iman.


×
Berita Terbaru Update