Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Pakai Dua Lapis Masker Lebih Efektif Cegah COVID-19, Benarkah?

Jumat, 09 Juli 2021 | 21:42 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-07-09T13:42:42Z
Pakai Dua Lapis Masker Lebih Efektif Cegah COVID-19, Benarkah?
Foto: Istimewa



BONE, BONETERKINI.ID - Penggunaan masker memang terbukti mampu menurunkan risiko terpapar virus COVID-19. Bahkan, banyak orang menggunakan dua masker sekaligus. Namun, apakan cara tersebut lebih efektif atau hanya menambah sesak saat bernafas?

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro, menjelaskan penggunaan masker dua lapis yang terdiri dari masker bedah dan masker kain, merupakan pilihan yang terbaik. Hal itu mampu menurunkan risiko droplet atau percikan air masuk ke rongga mulut dan hidung. 

Selain itu, Pihak Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) lewat postingan di Instagramnya juga menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker rangkap yang terdiri dari masker medis dan masker kain. Selain penggunaan masker rangkap, untuk meningkatkan pencegahan paparan SARS-CoV-2, Anda juga disarankan mengikat simpul tali masker.

Salah satu penelitian menunjukkan masker satu lapis tidak terlalu efektif dalam memblokir aerosol. Bahkan, masker kain 2-3 lapis buatan sendiri hanya memiliki efektivitas 50-60 persen.

Sementara hal lain datang dari pernyataan, dr. Sepriani Timurtini Limbong yang mengutarakan, “Masker medis satu buah kalau digunakan dengan benar sebenarnya sudah efektif.”

Jadi, kuncinya ada di cara memakai masker medis. Mau memakai satu atau lebih masker, kalau penggunaannya keliru, tidak akan maksimal memproteksi Anda dari virus COVID-19.

Berikut beberapa tips cara memakai masker:

1. Pastikan pemakaian masker dilakukan dengan benar. Anda harus memastikan masker menutupi area hidung, mulut, dan tidak ada jarak antara kulit wajah dan masker.

2. Jika Anda ingin menggunakan masker kain sebagai lapisan paling luar, lapisi lagi dengan masker bedah di dalamnya. Anda juga diminta untuk memilih bahan dasar kain dengan tenunan yang ketat.

3. Pastikan untuk mencuci masker kain setiap kali selesai dipakai, lalu segera buang masker bedah. Jangan gunakan masker bedah dua kali karena bisa menurunkan efektivitas masker.

4. Masker bedah yang kotor justru berpotensi membuat penggunanya jadi sulit untuk bernapas dan memudahkan virus masuk. 

5. Saat mencuci masker kain, jangan gosok masker terlalu kencang. Rendam dalam air sabun lalu bilas hingga bersih. Setelahnya, keringkan masker hingga setiap bagiannya kering merata. 

6. Anda tidak selalu harus memakai masker dua lapis, apalagi jika sudah menggunakan masker medis dengan benar. Namun, jika Anda tetap ingin pakai masker dua lapis, gunakanlah di tempat yang berventilasi buruk. 

×
Berita Terbaru Update