Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Catat! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka, Simak Cara Daftar dan Syaratnya

Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:54 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-08-17T09:54:32Z
Catat! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka, Simak Cara Daftar dan Syaratnya
Ilustrasi pendaftaran kartu prakerja


BONE TERKINI, BONE - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 18 kembali dibuka pada Senin (16/8/21) malam. Nantinya peserta yang lolos akan mendapat uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali.


Kepastian pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 itu disampaikan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari bahwa pembukaan Program Kartu Prakerja ini adalah bagian dari usaha pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi COVID-19.


“Pemerintah sangat memahami kesulitan yang dialami masyarakat akibat pandemi ini dan berharap masyarakat dapat tetap tangguh dan tumbuh dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja. Mereka yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja hendaknya serius mengikuti pelatihan yang dapat mendukung kehidupan ekonomi selama dan pasca pandemi,” jelas Denni.


Sementara itu Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan gelombang 18 adalah gelombang pertama yang menggunakan anggaran dana semester dua sebesar Rp 10 triliun.


Adapun pola dan skema dari pelaksanaan Program Kartu Prakerja di semester kedua ini, sama dengan semester sebelumnya. Namun ia belum memastikan terkait kesediaan kuota peserta dan penutupan jadwal pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 18.


Peserta terpilih nantinya harus memenuhi beberapa syarat. Mulai dari Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun, belum pernah menerima atau jadi peserta Kartu Pekerja, hingga belum pernah jadi penerima Bansos Kementerian Sosial, penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).


Pastikan Anda daftar di situs resmi prakerja dengan link resmi https://www.prakerja.go.id/, 


Berikut tata cara pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18:


- Membuat akun di laman resmi www.prakerja.go.id.


- Cantumkan nama lengkap, alamat email dan kata sandi. Lalu lakukan konfirmasi melalui tautan yang dikirim melalui email terdaftar.


- Setelah berhasil daftar dan login, silakan masuk ke dashboard akun.


- Pada tahap verifikasi KTP, isi NIK, Nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik Berikutnya.


- Lengkapi data diri dan unggah foto KTP, lakukan verifikasi nomor handphone dan klik Kirim.


- Masukan kode OTP yang dikirimkan via SMS lalu klik Verifikasi.


- Isi Pernyataan Pendaftar, kemudian klik Oke.


- Ikuti Tes Motivasi dan Tes Kemampuan Dasar dengan memilih opsi Mulai Tes Sekarang.


- Pilih gelombang diinginkan yang disesuaikan dengan domisili, lalu klik Gabung.


- Konfirmasi pilihan gelombang akan muncul, dan jika sesuai klik Ya, Gabung.


- Terakhir, calon peserta akan ditanyai beberapa hal sebagai persetujuan mengikuti program Kartu Prakerja. Lalu klik Saya menyetujui untuk menyelesaikan pendaftaran.


×
Berita Terbaru Update