Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Mitos Atau Fakta, Pasta Gigi Bisa Mengobati Luka Bakar?

Kamis, 05 Agustus 2021 | 19:49 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-08-05T11:49:41Z
Mitos Atau Fakta, Pasta Gigi Bisa Mengobati Luka Bakar?
Ilustrasi


BONE, BONETERKINI.ID - Mayoritas masyarakat Indonesia saat mengalami luka bakar ringan, seperti terpercik minyak goreng atau air panas saat memasak akan langsung mengolesi luka bakar tersebut menggunakan odol alias pasta gigi. 


Namun, cara itu nampaknya hanya MITOS tanpa bukti. Karena dengan mengolesi luka bakar dengan pasta gigi bisa mengiritasi luka bakar atau membuat luka semakin parah. Selain itu dampak penggunaan pasta gigi justru bisa membuat area disekitar luka tersebut terinfeksi dan melebar.


Selain pasta gigi, tak sedikit pula yang menjadikan tepung, kecap ataupun mentega sebagai pertolongan pertama dalam mengobati luka bakar itu. Namun sayangnya hal tersebut hanyalah MITOS belaka.


"Untuk luka bakar ringan, pertolongan pertamanya yaitu diguyur air yang mengalir dari kran selama 30-40 menit. Jangan diberi odol, tepung, kecap, mentega. Paling bagus diberi es," jelas dr Vera Ikasari, SpBP, spelialis bedah plastik dari RSU Bunda.


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi tangan atau bagian kulit yang melepuh akibat luka bakar misalnya dengan mendinginkan bagian yang terluka menggunakan air bersih yang mengalir kurang lebih selama 15-20 menit.


Selanjutnya anda juga bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi luka bakar ringan saat terkena minyak atau air panas:


1. Kompres Dingin


Kompres menggunakan kain basah bersih, kemudian letakkan di atas area luka bakar. Hal ini bisa membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan. 


Anda dapat melakukan kompres ini dalam interval 5 hingga 15 menit. Namun jangan menggunakan kompres yang terlalu dingin karena dapat menyebabkan iritasi pada luka bakar lebih banyak. 


2. Salep Antibiotik


Mengoleskan salep antibakteri seperti Bacitracin atau Neosporin ke luka bakar juga bisa membantu pengobatannya. Anda bisa mengoleskannya dan menutup dengan cling film, pembalut atau kain steril yang tidak berbulu. 


3. Lidah Buaya


Lidah buaya terbukti efektif dalam penyembuhan luka bakar tingkat pertama hingga kedua. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi, meningkatkan sirkulasi, dan menghambat pertumbuhan bakteri. 


Untuk menggunakannya anda bisa mengoleskan lapisan gel lidah buaya ke area yang terkena. 


4. Madu


Madu juga memiliki mamfaat untuk membantu menyembuhkan luka bakar ringan karena mengandung zat anti-inflamasi dan antibakteri serta antijamur secara alami. Caranya cukup muda hanya dengan mengoleskan kebagian yang terluka.


×
Berita Terbaru Update