Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Mitos Atau Fakta, Simpan Hp di Bawah Jok Motor Bisa Memicu Ledakan?

Kamis, 26 Agustus 2021 | 16:17 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-08-26T08:17:50Z
Mitos Atau Fakta, Simpan Hp di Bawah Jok Motor Bisa Memicu Ledakan?
Ilustrasi menyimpan ponsel di bawah jok motor


BONE, BONETERKINI.ID - Penggunaan Jok motor atau bagasi untuk menyimpan barang seperti Jaket, Jas Hujan, Makanan, Handphone (Hp), dompet ataupun barang lainnya dianggap praktis dibanding harus menentang tas saat berkendara.


Selain itu mobilitas tinggi pengendara juga menjadi alasan mereka membutuhkan kompertemen luas untuk membawa barang bawaan, maka tidak sedikit yang menjadikan ukuran bagasi motor sebagai salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih kendaraannya.


Padahal sebenarnya menyimpan barang dalam bagasi bukanlah hal yang aman. Banyak faktor yang menjadikan hal itu berbahaya, seperti bisa menyebabkan motor tiba-tiba meledak dan terbakar. 


Risiko seperti itu dikarenakan ada beberapa barang di jok motor yang memicu percikan api dari bensin. 


Lalu benarkan menyimpan ponsel atau Hp di bawah jok motor atau bagasi bisa menimbulkan ledakan?


Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong Mamal Syahrudin menjelaskan bahwa hal tersebut FAKTA dan bisa saja terjadi.


Salah satu penyebabnya yaitu kondisi normal di luar ruangan dengan suhu sekitar 31 derajat hingga 33 derajat celcius mampu membuat HP sering mengalami overheat.


“Masalahnya ada di HP bukan di motornya, karena HP bisa menimbulkan reaksi panas, apalagi kalau kebanyakan data. Sementara di bagasi itu kan dekat bensin dan jok itu di dalamya ada busa, sehingga kalau HP meledak bisa cepat terbakar,” jelasnya dilansir dari Kompas.com


Penyebab lainnya yang mampu membuat HP yang diletakkan dalam bagasi bisa saja meledak, karena mesin motor sedang dalam keadaan panas.


“Belum lagi jika motor dalam posisi diam alias tidak bergerak, seperti di kemacetan. Suhu dalam bagasi bisa saja bertambah karena berada di ruangan tertutup,” ujar Rendy.


Bagi pengendara yang terpaksa menyimpan Hp dalam jok motor atau bagasi sebaiknya memastikan alat komunikasi tersebut dalam keadaan mati.


“Untuk berjaga-jaga, sebaiknya matikan daya HP. Serta alasi HP dengan plastik atau kain untuk mengurangi panas yang disebabkan mesin motor,” pungkasnya.


×
Berita Terbaru Update