Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Valentino Rossi Resmi Pensiun dari MotoGP, Ini Deretan Prestasi Sepanjang Kariernya

Jumat, 06 Agustus 2021 | 09:48 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-08-06T01:48:45Z
Valentino Rossi Resmi Pensiun dari MotoGP, Ini Deretan Prestasi Sepanjang Kariernya
Valentino Rossi



BONETERKINI.ID - Pembalap legendaris asal Italia, Valentino Rossi mengumumkan akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021 saat menggelar sesi konferensi pers khusus yang digelar Dorna Sports, pada Kamis (5/8/21).

"Saya mengatakan saya akan mengambil keputusan untuk tahun depan setelah liburan musim panas, dan saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim," ucap Rossi, dikutip dari MotoGP.

Rossi pun akhirnya resmi pensiun dari ajang balap yang telah membesarkan namanya itu selama lebih dari dua dekade berkarier.

Pengumuman soal pensiun Valentino Rossi terjadi selang beberapa hari balapan MotoGP Styria 2021 yang akan berlangsung di Red Bull Ring pada akhir pekan ini.

"Sayangnya, ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP. Dan itu sulit, ini momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan motor, saya sudah melakukan itu karena saya pikir lebih banyak atau kurang dari 30 tahun!" tutur dia.

"Tahun depan, hidup saya akan berubah. Namun itu luar biasa, saya sangat menikmatinya, ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan itu sangat, sangat menyenangkan. Sudah 25, 26 tahun pada kejuaraan dunia, jadi hebat."

"Saya memiliki momen tak terlupakan dengan semua orang saya, orang-orang yang bekerja untuk saya. Jadi, saya tidak punya banyak hal untuk dikatakan. Hanya ini," kata Rossi lagi.

Valentino Rossi merupakan legenda MotoGP asal Italia yang telah merengkuh titel juara dunia sembilan kali. Selain itu masih ada beberapa deretan prestasi lainnya seperti:

1. Rossi tercatat sebagai pebalap yang secara maraton berkompetisi selama 26 musim.

2. Rossi tercatat sebagai rider dengan periode kemenangan terlama sepanjang sejarah yakni dengan 20 tahun 311 hari.

3. Rossi tercatat sebagai pebalap MotoGP dengan kemenangan periode terlama yakni 16 tahun 351 hari, dimulai dengan kemenangan di kelas tertinggi 500cc GP Inggris Raya di Sirkuit Donington Park pada 9 Juli 2000 hingga kemenangan terakhirnya di GP Belanda, 25 Juni 2017.

4. Selain itu pebalap berusia 42 tahun ini juga memiliki 89 kemenangan di kelas 500cc/MotoGP. 

5. Rossi tercatat memiliki rekor podium terbanyak di kelas tertinggi dengan 199. 

7. Rossi telah mengantongi sembilan gelar juara di berbagai kelas dengan 235 podium, termasuk 115 kemenangan, 67 kali di posisi kedua, dan 53 di urutan ketiga, serta 65 pole position dan 96 lap tercepat.

×
Berita Terbaru Update