Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

WhatsApp Rilis Fitur Baru, Foto dan Video Hilang Otomatis Setelah Dibaca

Rabu, 04 Agustus 2021 | 15:21 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-08-04T07:21:43Z
WhatsApp Rilis Fitur Baru, Foto dan Video Hilang Otomatis Setelah Dibaca
Ilustrasi WhatsApp


BONETERKINI.ID - WhatsApp baru saja meluncurkan fitur baru bernama View Once (sekali lihat). Penamaan itu tidak lepas dari fungsinya yaitu memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan video yang bisa hilang otomatis jika telah dilihat oleh penerima.


Pihak resmi WhatsApp menuliskan dalam blog resminya bahwa fitur View Once ini mampu memberikan kontrol lebih agar bisa mengatur privasi mereka. Fitur ini sangat berguna terlebih ketika pengguna akan mengirimkan media yang sensitif. 


“Seperti semua pesan pribadi yang Anda kirim di WhatsApp, media View Once dilindungi oleh enkripsi end-to-end sehingga WhatsApp tidak dapat melihatnya. Mereka juga akan ditandai dengan jelas dengan ikon "one-time" yang baru. Setelah media dilihat, pesan akan muncul sebagai "dibuka" untuk menghindari kebingungan tentang apa yang terjadi dalam obrolan saat itu." Tulisnya.


Sekilas fitur View Once ini mirip dengan fitur Direct Message (DM) di Instagram yakni penerima hanya bisa melihat sekali foto atau video yang dikirim. 


Untuk pengguna yang ingin mencoba fitur View Once, bisa mengikuti langka-langkah berikut ini:


1. Buka ruang chat dan pilih foto atau video yang mau dikirim.


2. Kirim dengan tombol '1' untuk View Once

Pilih tombol ‘1’ di samping tombol ‘send’ biasa.


3. Fitur View Once otomatis aktif jika kirim dengan tombol '1'


Mengenai ketentuan fitur View Once ini foto atau video yang dikirimkan tersebut juga tidak akan tersimpan di galeri penerima dan tidak bisa dibagikan ke orang lain.


WhatsApp menjelaskan bahwa foto dan video yang dikirim dengan fitur View Once tidak akan tersimpan di Galeri penerima. 


Meski begitu, media yang dikirimkan dengan menggunakan vitur View Once ini masih bisa di screenshot (tangkap layar) oleh penerima tanpa ada pemberitahuan ataupun notifikasi yang diterima pengirim.


×
Berita Terbaru Update