Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Inilah Kunci Sukses Berbisnis Ala Orang Bugis yang Wajib Kamu Ketahui

Minggu, 12 September 2021 | 15:03 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-09-12T07:17:06Z
Inilah Kunci Sukses Berbisnis ala Orang Bugis yang Wajib Kamu Ketahui
Ilutsrasi.

BONE TERKINI, BONE - Masyarakat Bugis tak hanya populer dengan keanekaragaman budaya yang kental, tapi juga dikenal sebagai pebisnis handal, tak hanya di dalam negeri, beberapa tokoh Bugis bahkan sukses menembus bisnis berskala internasional.

Banyak pihak yang heran sebab hampir setiap daerah di Nusantara, ada orang Bugis yang sukses dan menjadi jutawan.

Satu hal yang pasti, kesuksesan orang-orang Bugis baik di daerah sendiri maupun di perantauan tentu tidak diperoleh secara instan.

Dalam tulisan kali ini, Bone Terkini akan mencoba mengulas rahasia di balik kunci kesuksesan orang Bugis, terutama dalam berbisnis.

Ada 4 kunci yang menjadikan orang Bugis bisa sukses, simak penjelasannya berikut ini:

1. Getteng (Tegas)

Inilah Kunci Sukses Berbisnis ala Orang Bugis yang Wajib Kamu Ketahui
 

Sejak dahulu kala orang-orang Bugis dikenal sebagai pribadi yang tegas dan teguh terhadap pendirian. Hal ini diadopsi oleh mereka ke sektor bisnis yang dilakoni.


Saat berbisnis, orang Bugis senantiasa berlaku tegasi pada diri sendiri, apa lagi kepada karyawan. Aturan-aturan yang telah disepakati sedari awal akan dipegang teguh dalam menjalankan bisnisnya.


Ketegasan mereka juga kerap ditunjukkan kepada rekan kerja agar tidak dipandang sebelah mata dan tetap dianggap mumpuni dalam mengelola bisnis.


2. Malempu (Jujur)

Inilah Kunci Sukses Berbisnis ala Orang Bugis yang Wajib Kamu Ketahui
 

Dalam menjalankan bisnis, sangat penting bagi setiap pebisnis untuk menjaga etika bisnis dan melakukan hal yang pantas untuk dilakukan. Salah satunya adalah kejujuran. 


Kejujuran ini merupakan hal paling penting untuk menciptakan kepercayaan. Jika anda tidak jujur, siapakah yang mau mempercayai anda? 


Bahkan ada banyak pebisnis licik yang berani berbohong dan menipu banyak orang demi meraup keuntungan melimpah.


Namun, orang-orang Bugis yang sedang mengelola bisnis sangat anti dengan berlaku bohong. Hal ini karena nilai-nilai kejujuran telah tertanam sejak dini oleh para leluhur.


Kejujuran inilah yang membuat para pebisnis Bugis disukai oleh rekan kerja.


3. Warani (Berani)

Inilah Kunci Sukses Berbisnis ala Orang Bugis yang Wajib Kamu Ketahui
 

Orang-orang Bugis secara turun temurun dikenal sebagai pemberani. Tak hanya di bidang bisnis melainkan di seluruh bidang.


Penerapan sikap berani para pebisnis bugis tercermin saat mereka mengambil resiko dalam menjalankan usaha. Tak peduli untung atau rugi, yang jelas mereka memberanikan diri terlebih dahulu untuk mencoba. Kendati demikian, pengambilan keputusan mereka tetap berlandaskan pada kecerdasan.


orang-orang Bugis ini benar-benar memiliki sikap berani dan yakin terhadap apa yang telah ia ambil. Rasa berani dan percaya diri mereka diiringi dengan kerja keras dalam mencapai segala tujuan dari setiap langkah yang diambil. 


4. Macca (Cerdas) 

Inilah Kunci Sukses Berbisnis ala Orang Bugis yang Wajib Kamu Ketahui


Dalam menggeluti bisnis, orang Bugis dikenal cerdas dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki.


Mereka menggunakan potensi akal semaksimal mungkin agar bisa mendulang untung sebesar-besarnya.


Oebisnis Bugis dikenal pintar dan cerdik serta mampu menganalisi persaingan dan perubahan perubahan di masa yang akan datang agar usahanya tetap berjalan efektif dan efisien.


Itulah 4 rahasia kesuksesan orang-orang suku Bugis dalam menekuni usaha atau bisnis. Meski demikian tak sedikit pula orang Bugis yang mengalami kegagalan dalam berbisnis. Pada akhirnya hanya merekalah yang konsisten bisa merasakan kesuksesan.


Tak bisa dipungkiri pula, nilai-nilai tersebut di atas sudah mulai terkikis oleh zaman. Kini, banyak pebisnis yang tak mempedulikan hal tersebut. Yang mereka pikir hanyalah bagaimana cara meraup untung dengan banyak.


×
Berita Terbaru Update