Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

PMI Bone, Wajo, dan Sinjai Apresiasi Tingginya Antusiasme Donor Darah Bold Riders Bosowasi

Jumat, 29 Oktober 2021 | 15:22 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-10-29T07:22:11Z
PMI Bone, Wajo, dan Sinjai Apresiasi Tingginya Antusiasme Donor Darah Bold Riders Bosowasi
Kegiatan donor darah kolaborasi komunitas motor Bold Rider Bosowasi.


BONE, BONETERKINI.ID – Kolaborasi komunitas motor Bold Riders Bosowasi menggelar aksi donor darah di tiga titik. Pada 17 Oktober 2021, kegiatan berlangsung di Cafe AA Sinjai dan UDD PMI Kabupaten Wajo. Sementara kegiatan bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ pada tanggal 24 Oktober, diselenggarakan di UTD PMI Kabupaten Bone. 


Muh. Musfir selaku Penanggung Jawab Bold Riders Bosowasi membeberkan antusiasme dari anak-anak motor untuk mengikuti kegiatan donor darah ini cukup tinggi. Padahal sebagian dari mereka baru pertama kali ikut dan takut jarum suntik. 


“Setiap peserta yang ikut dalam donor darah ini berhak mendapatkan kupon. Selanjutnya kupon ini diundi setelah acara selesai. Tiap-tiap wilayah diambil 3 pemenang dengan hadiah helm, kompor gas, dan dispenser. Jadi total ada 9 pemenang. Ternyata gimmick ini berhasil menarik minat anak-anak motor untuk ikut mendonorkan darah mereka,” beber Musfir, Selasa (26/10/2021). 


Sebanyak 18 komunitas, lanjut Musfir, ikut serta dalam kegiatan ini. Dari Sinjai, ada tiga komunitas yakni YKRS Sinjai, dan TOC Sinjai. Selanjutnya dari Wajo, komunitas motor yang ambil bagian adalah JWC, SSWC, BVEC, dan WBTC. Adapun komunitas dari Bone terdiri dari Black Rider Watampone, WVC, YVCI, LMC, Byonic, WNM, MXRC, YMCI, BOMIC, CB Custom, KNC, dan Bikers Subuhan. 


Komunitas yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Untuk menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kebangsaan diantara ribuan anggota komunitas, Kolaborasi KITA kembali menggelar kegiatan donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 88 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur. 


Secara keseluruhan, kegiatan ini diikuti 101 peserta dan menghasilkan 73 kantong darah. Tidak mengherankan jika apa yang dilakukan Bold Riders Bosowasi ini mendapat apresiasi dari UTD PMI Kabupaten Bone, Sinjai, dan Wajo. 


“Kami sangat senang dan mengapresiasi aksi kemanusiaan yang dilakukan anak-anak motor lewat kegiatan donor darah seperti ini. Kami berharap kegiatan seperti ini rutin dilakukan tiap tahun atau bahkan 3 bulan sekali karena sangat membantu pasokan darah di PMI,” ucap dr. H. Abdul Kadir, S. MHA, Direktur UTD PMI Kabupaten Bone. 


Program donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah di inisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Program tersebut diantaranya ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ yang dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Raya Kurban 1442 H pada 20-23 Juli 2021. Selain itu, ada juga program Tanggap Bencana (Tagana) KITA yang merupakan kegiatan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.  


Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi kita didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur. 


Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak. 


Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

×
Berita Terbaru Update