Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

PPKM Level 3 Berlaku di Bone, Ini Aturan Lengkapnya!

Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:41 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-10-24T07:41:57Z
PPKM Level 3 Berlaku di Bone, Ini Aturan Lengkapnya!
Ilustrasi penyekatan PPKM.


BONE, BONETERKINI.ID - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengeluarkan surat edaran baru terkait aturan pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).


Kini Kabupaten Bone berada pada PPKM Level 3 dimana masyarakata bisa melaksanakan sejumlah aktivitas namun masih terbatas.


Mulai pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas maksimal 50%. Kecuali untuk SDLB, MILB, SMPLB dan SMLB, MALB kapasitasnya maksimal 62% sampai dengan 200% dengan syarat, menjaga jarak minimal 1,5 meter dan diikuti paling banyak 5 peserta didik per kelas.


Lalu untuk PAUD, maksimal 33% dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan diikuti 5 peserta didik per kelas.


Sementara bagi pelaksanaan kegiatan sektor non esensial diberlakukan 50% maksimal staf WFO dengan protokol kesehatan secara ketat. 


Namun jika ditemukan klaster penyebaran COVID-19, maka sektor yang bersangkutan ditutup selama 5 hari.


Adapun pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial seperti, kesehatan, bahan pangan, makanan, minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, perbankant sistem pembayaran, pasar modal, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik, proyek vital nasional dan industri tetap dapat beroperasl 100%. Namun diwajibkan mengatur jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.


Selanjutnya pada bidang industri, diperbolehkan beroperasi 100% dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Apabila ditemukan klaster, industri bersangkutan ditutup selama 5 hari.


Pasar tradisional, pedagang kaki lima, toko kelontong, dan usaha sejenisnya juga diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, handsanitizer, yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah.


Aturan yang sama juga berlaku untuk kegiatan makan/minum di tempat umum baik di warung makan, lapak maupun restoran. Mereka dapat melayani makan di tempat/dine in hingga pukul 21.00 WITA dengan kapasitas pengunjung 50 %, 2 orang per meja.


Sedangkan untuk pusat perbelanjaan, diizinkan beroperasi mulai Pukul 10.00 WITA sampai 21.00 WITA dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi serta wajib protokol kesehatan.


Kemudian untuk Tempat ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat Iainnya dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah dengan pengaturan kapasitas maksimal 50%. Aturan ini berlaku pula untuk pelaksanaan kegiatan seni budaya, kemasyarakatan dan sosial yang dapat menimbulkan keramaian.


Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh seperti, bis, kapal laut dan kereta api harus menunjukkan kartu vakin minimal dosis pertama dan antigen H-1. Khusus calon penumpang pesawat, wajib menunjukkan PCR H-2. Aturan ini hanya berlaku unluk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke wilayah PPKM Level 3 serta tidak berlaku untuk transportası dalam wilayah aglomerasi.


×
Berita Terbaru Update