Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

14 November 2021 Hari Diabetes Sedunia, Ini Mitos & Fakta Terkait Diabetes

Minggu, 14 November 2021 | 12:29 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-11-14T04:29:02Z
14 November 2021 Hari Diabetes Sedunia, Ini Mitos & Fakta Terkait Diabetes
Ilustrasi


BONETERKINI.ID - Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November setiap tahunnya. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi ketika glukosa dalam darah atau disebut gula darah, terlalu tinggi.


Glukosa darah merupakan sumber energi utama yang berasal dari makanan yang Anda makan. Insulin, hormon yang dibuat oleh pankreas, membantu glukosa dari makanan masuk ke sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.


Pakar Diabetes Prof Dr Agung Pranoto, dr., MSc., SpPD-KEMD, Finasim menjelaskan salah satu tantangan dalam pengendalian penyakit diabetes adalah deteksi dini, pencegahan, dan tata laksana yang tepat di tengah masyarakat yang masih harus ditingkatkan.


Terlebih terdapat beberapa Mitos-mitos yang menciptakan gambaran akan diabetes sehingga kurang tepat dan penuh dengan stereotype/stigma.


Berikut mitos dan fakta yang beredar tentang diabetes:


1. Menghindari Makanan yang Mengandung Gula


Faktanya, penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi makanan manis dengan syarat tidak berlebihan.


Selain itu makanan manis yang dikomsumsi harus memiliki takaran yang terukur, dan sesuai dengan anjuran dokter atau dietisien terkait pola makan untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.


2. Diet tinggi protein dipercaya sangat baik bagi penderita diabetes.


Faktanya, penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi protein berlebihan terutama yang berasal dari hewani bisa menyebabkan resistensi insulin yang merupakan inti dari diabetes. 


Oleh karena itu lebih baik menjalani pola makan yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak secara seimbang. 


Pasalnya tubuh membutuhkan ketiga nutrisi tersebut, sehingga pola makan seimbang adalah yang terbaik bagi penderita diabetes.

 

 

3. Tak Ada yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Diabetes


Faktanya, saat kadar gula darah Anda lebih tinggi dari normal (tapi belum pada tingkat diabetes) masih bisa dicegah. Cara yang paling baik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan bahwa melakukan tes darah sederhana secara berkala dapat mengetahui apakah Anda memiliki kondisi prediabetes atau tidak

 

4. Orang yang Kurus Aman dari Diabetes


Faktanya, meski 85 persen orang dengan diabetes tipe 2 itu adalah orang yang obesitas, namun 15 persen sisanya adalah orang yang berat badannya tergolong normal. 


Jadi, mitos diabetes tentang orang kurus tak bisa kena diabetes itu salah.


5. Orang Tua Diabetes, Anaknya Pasti Diabetes


Mitos diabetes ini tidaklah tepat. Meski orang tua memiliki penyakit diabetes, Anda tidak akan mengalami hal yang sama jika mencegahnya dengan dengan pola hidup sehat, rutin olahraga, dan menjaga berat badan ideal. Cara tersebut efektif dalam menurunkan risiko terjadinya diabetes.


×
Berita Terbaru Update