Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Cicak Mahkluk Pembawa Sial? Ini Deretan Mitos dan Faktanya

Kamis, 25 November 2021 | 22:37 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-11-25T14:37:26Z
Cicak Mahkluk Pembawa Sial? Ini Deretan Mitos dan Faktanya
Ilustrasi Cicak

BONETERKINI.ID - Cicak tergolong reptil merayap yang memakan serangga mulai dari nyamuk, laron atau serangga kecil lainnya. Meski begitu cicak terkadang dianggap buruk karena adanya beberapa mitos yang berkembang.


Bahkan ada yang menganggap jika cicak jatuh dan menimpa tubuh itu hingga pertanda sial, rezeki tersendat, sampai kemalangan di masa depan. 


Lalu apakah kepercayaan itu merupakan mitos atau fakta?


Anggapan yang berkembang di masyarakat tersebut hanyalah sebuah mitos belaka karena cicak bisa jatuh dari ketinggian dipengaruhi dari tekstur tembok. 


Salah satu fakta bahwa sebenarnya Cicak tidak suka berjalan di permukaan tembok yang teksturnya terlalu kasar dan terlalu halus, sehingga ia memilih menjatuhkan diri.


Jadi Cicak yang jatuh tepat di atas kepala yang dipercaya sebagai pertanda rezeki akan terhambat, mengalami kecelakaan, hingga kehilangan anggota keluarga adalah MITOS.


Mitos lainnya adalah jika ada cicak yang jatuh dan nyaris mengenai tubuh dianggap sebagai hal yang baik karena bisa dijauhkan dari masalah dan malapetaka.


Namun jika mengacu pada sifat cicak yang tidak suka tekstur tembok kasar yang kemudian akan menjatuhkan dirinya karena tidak bisa menahan berat tubuhnya di angkat. 


Hal ini yang menyebabkan cicak bisa jatuh karena rambut-rambut halus di telapak kaki cicak sulit masuk ke lapisan tembok, sehingga ia tidak bisa menempel terlalu lama.


Dilihat dari sisi sains, karakteristik cicak yang memiliki organ khusus bisa membuat mereka menempel di tembok. Organ khusus tersebut berbentuk rambut-rambut halus yang sangat tipis di telapak kakinya.


Nah, rambut halus ini disebut spatulae. Cicak memasukkan rambut-rambut halus ini ke dalam atom pada lapisan tembok, agar tubuh mereka seperti menempel dan terikat kuat. 


Hal inilah yang membuat cicak mampu menempel pada tembok dan langit-langit ruangan. Jadi, kalau ia sampai jatuh, artinya permukaan tembok terlalu kasar atau terlalu lembut. 


Jadi tidak ada hubungannya antara kejatuhan cicak sebagai pertanda sial, rezeki tersendat, sampai kemalangan di masa depan. 


Jika anda tidak ingin dijatuhi Cicak bisa membuat tembok atau dinding ruangan dengan tekstur kasar atau sekalian lembut. Sehingga, cicak tidak mampir dan berisiko jatuh di tubuhmu.




×
Berita Terbaru Update