Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Dirayakan Setiap 25 November, Ini Sejarah dan Makna Hari Guru

Kamis, 25 November 2021 | 12:49 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-11-25T04:50:21Z
Dirayakan Setiap 25 November, Ini Sejarah dan Makna Hari Guru
Logo peringatan Hari Guru Nasional 2021


BONETERKINI.ID - Tepat tanggal 25 hari ini kita sedang memperingati Hari Guru Nasional 2021. Meski tidak menjadi hari libur Nasional namun Hari Guru menjadi peringatan yang perlu dirayakan terlebih sebagai pelajar yang baik.


Tahun ini peringatan Hari Guru Nasional mengusung tema 'Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan'.


Situasi pendidikan Indonesia yang sempat terhambat akibat pandemi COVID-19, hingga mewajibkan kegiatan belajar mengajar diselenggarakan dari jarak jauh, atau disebut sebagai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Selain itu situasi Nasional yang mulai kembali pulih meski perlahan dan sekolah mulai menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.


Itulah alasan mengapa Tema peringatan ini dipilih sebagai bentuk pemulihan pendidikan Nasional dari dampak penyebaran COVID-19.



Sejarah Hari Guru Nasional 2021


Peringatan Hari Guru Nasional berawal dari perjuangan para guru melalui Persatuan Guru Hindia Belanda pada tahun 1912.


Adapun organisasi ini beranggotakan para guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah yang umumnya ditugaskan di Sekolah Rakyat dan Sekolah Desa.


Lalu pada tahun 1942, organisasi ini berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia. Namun, saat itu penjajah Jepang sempat melarang segala bentuk organisasi, termasuk yang PGI.


Setelah Indonesia merdeka, Organisasi guru kembali berjalan. Tepat tanggal 24 dan 25 November 1945, organisasi ini kemudian menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia. 


Nah Pada kongres tersebutlah, tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional.


Makna Hari Guru Nasional 2021


Makna peringatan Hari Guru sebagai bentuk penghormatan kepada para guru atas segala jasa mereka.


Peringatan Hari Guru Nasional di setiap sekolah tentu saja berbeda-beda. Ada sekolah yang mengadakan upacara saja, perlombaan antar para guru, memberikan hadiah kepada para guru, atau bahkan mengadakan acara penghargaan untuk para guru terbaik.


Dimasa pandemi ini anda juga bisa merayakannya dengan mengunggah foto anda dengan twibbon yang telah dirangkum Tim Boneterkini: https://www.boneterkini.id/2021/11/rayakan-hari-guru-nasional-menggunakan.html


×
Berita Terbaru Update