Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Makan Kankung Bisa Sebabkan Kantuk, Mitos atau Fakta?

Kamis, 11 November 2021 | 19:48 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-11-11T11:48:31Z
Makan Kankung Bisa Sebabkan Kantuk, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi Kankung.


BONETERKINI.ID - Sayur kankung menjadi salah satu olahan yang gemar di santap masyarakat Indonesia. Namun tak sedikit juga yang memilih tidak memakannya terlebih saat banyak aktivitas.


Pasalnya ada anggapan bahwa mengomsumis kankung dapat menyebabkan seseorang mengantuk.


Lalu apakah anggapan ini benar Fakta atau hanya sebuah mitos belaka?


Buku Kontroversi 101 Mitos Kesehatan (2012) karya dr. Florentina R. Wahjuni, menjelaskan bahwa memakan kangkung bisa membuat kantuk bisa jadi adalah benar.


Terlebih di dalam kankung terdapat senyawa kimia atau zat yang bersifat menenangkan hal tersebut yang menjadi alasan mengapa seseorang setelah mengomsumsi kankung bisa jadi langsung mengantuk.


Adapun senyawa yang terkandung dalam kankung ini juga dikenal bisa membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan relaks.


Maka dari itu, agar terhindar dari kerugian mengantuk akibat senyawa sedatif yang terkandung di dalam kangkung, anda bisa hindari memakannya, terutama saat sedang melakukan aktivitas padat dan butuh konsentrasi tinggi.


Selain itu dari Buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan oleh Nutrifood Reseacrh Center yang diterbikan PT Gramedia Pustaka Utama tahun 2014, menyatakan bahwa kangkung mungkin saja bisa membuat seseorang mengantuk.


Karena, kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah yang banyak (175 mg dalam satu cup kangkung), dan maknan tinggi kalium yang dapat mengurangi tekanan darah.


Beberapa pakar juga mengungkapkan bahwa di negara-negara pengonsumsi kangkung, termasuk di Indonesia dilakukan untuk meringankan gejala susah tidur.


×
Berita Terbaru Update