Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Telan Dana 10 Miliar, Gedung Layanan Perpustakaan Daerah di Bone Diresmikan

Senin, 01 November 2021 | 16:34 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-11-01T08:34:03Z
Telan Dana 10 Miliar, Gedung Layanan Perpustakaan Daerah di Bone Diresmikan
Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bone.


BONE, BONETERKINI.ID - Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Bone yang terletak di Jalan Kalimantan, Kecamatan Tanete Riattang, Kota Watampone, Senin (1/11/2021).


Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah di bekas Bola Subbie, Istana Ratu Bone ke-30 We Fatimah Banri dan Raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri ini menelan biaya 10 miliar yang bersumber dari bantuan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).


“Prioritas perpustakaan nasional adalah pembangunan infrasturktur perpustakaan. Saat ini kita kembangkan teknologi konten digital. Kalau kita lihat sejarah bangsa, bangsa yang besar adalah bangsa yang SDMnya berkualitas melalui literasi,” kata Ketua Perpusnas Muhammad Syarif Bando.


Pemerintah Provinsi Sulsel mengapresiasi dan berharap dengan adanya perpustakaan ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap budaya membaca.


“Pembangunan infrastruktur ini juga sekaligus membangun sumber daya manusia yang berkualitas, seperti yang diharapkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ungkap Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.


Sementara itu, Bupati Bone menjelaskan bahwa Gedung Perpustakaan Derah Bone dibangun pada tahun 2020 namun terkena refocusing kemudian dianggarkan kembali dan selesai dibangun pada tahun 2021.


“Saya sengaja tempatkan di lokasi ini karena orang belajar tidak mesti di dalam gedung,” kata Bapak Bupati Bone. Kita harapkan kehadiran perpustakaan nasional dan perpustakaan provinsi dapat memberikan spirit di Bone,” ujar Bupati Bone.


Dalam kesempatan ini Pemprov Sulsel memberikan bantuan Program Transformasi Perpustakaan Berupa Konten Pacodi berupaka komputer, meja komputer, kursi, smart tv, UPS Stablizer, meja informasi, sofa, karpet dan buku.


Selanjutnya bantuan Program Replikasi Mandiri Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial kepada Perpustakaan Desa Mappasengka, Kecamatan Ponre berupa 500 unit buku, 2 unit rak buku, 2 unit komputer, 2 unit meja dan 2 buah kursi. 


Sedangkan, untuk perpustakaan Desa Kajoalaliddong, Kecamatan Barebbo dan Desa Oppo, Kecamatan Ajangale masing-masing berupa 150 buku, 2 unit komputer dan 1 rak buku.


Lalu Perpustakaan Desa Usa Kecamatan Palakka yang menjadi Harapan III Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan tingkat Nasional.


Selain itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Bupati Bone Fahsar M Padjalangi, M.SI, atas dedikasinya membina dan mengembangkan perpustakaan dan kegemaran membaca di wilayah kerjanya.


×
Berita Terbaru Update