Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Waspada Badai La Nina, Pemprov Sulsel Minta Pemda Siaga Potensi Bencana

Kamis, 11 November 2021 | 16:03 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-11-11T08:03:40Z
Waspada Badai La Nina, Pemprov Sulsel Minta Pemda Siaga Potensi Bencana
Pengecakan Alat SAR di Lapangan Karebosi Makassar.


BONETERKINI.ID - Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meminta seluruh pemerintah daerah di semua kabupaten dan kota di Sulsel agar siap siaga menghadapi potensi bencana alam. 


Pasalnya musim hujan yang akan datang diprediksi diiringi fenomena La Nina yang meningkatkan ancaman bencana hidrometeorologi.


“Tentu saya sampaikan ke teman-teman dan masyarakat bahwa sekarang kondisi-kondisi prediksi La Nina, tentu kita harus meningkatkan kewaspadaan," kata Andi Sudirman Sulaiman saat apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanganan bencana alam dan pengecekan peralatan SAR di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (11/11/2021).


Plt Gubernur Sulsel menyebut di antara 24 Kabupaten/kota di wilayah Kabupaten Wajo dan Luwu Raya mencakup Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara dan Kota Palopo menjadi daerah yang paling menjadi perhatian serius.


Sebab daerah-daerah itu menjadi langganan bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, banjir dan tanah longsor. 


"Sudah ada area langganan seperti Wajo, daerah longsor seperti Luwu Raya dan Palopo, Masamba juga kita harus waspadai juga daerah selatan. Nah itu perlu kita waspada dan ke siapsiagaan. Kita harap pemda juga melakukan hal yang sama," kata Sudirman.


Untuk saat ini pemerintah bersama unsur TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan SAR Nasional (Basarnas) telah melaksanakan gelar pasukan dan pengecekan peralatan sebagai upaya untuk kesiapsiagaan. 


"Alat itu dipastikan fungsional dan tetap terawat. Tentu kita tidak berharap adanya bencana tetapi paling tidak bahwa kita selalu siap di mana kondisi dibutuhkan," tuturnya. 



×
Berita Terbaru Update