Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Haruskah Mandi Setelah Kehujanan? Begini Penjelasan Dokter

Jumat, 10 Desember 2021 | 21:31 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-12-10T13:31:05Z
Haruskah Mandi Setelah Kehujanan? Begini Penjelasan Dokter
Ilustrasi kehujanan.


BONETERKINI.ID - Beberapa wilayah di Indonesia kini telah memasuki musim penghujan termasuk Kabupaten Bone. Namun tak jarang seseorang lupa untuk membawa payung ataupun jas hujan.


Alhasil tubuh menjadi basah kuyup karena hujan. Lalu apakah setelah kehujanan kita perlu membilasnya dengan air bersih dengan cara mandi?


Kepala Klinik Pratama Permata Bunda, Bekasi Timur, dr. Sumiati Yusup menjelaskan ketika seseorang kehujanan sebaiknya harus langsung mandi.


"Saat kehujanan kan badan dan baju pasti basah, jika tidak langsung mandi badan akan menggigil. Jadi saat kehujanan lebih baik langsung buka pakaian dan mandi," ungkapnya.


Selain itu mandi juga berguna untuk membersihkan kuman-kuman yang mungkin ikut terbawa dan menempel dari debu dan polusi dari air hujan


Ia pun menyarankan untuk menggunakan air hangat untuk mandi setelah kehujanan, dengan alasan agar tubuh tidak kedinginan.


Meski begitu, dr. Sumiati mengatakan untuk menggunakan air dengan suhu normal pun tidak masalah, terkecuali jika udara memang benar-benar dingin.


Manfaat mandi setelah kehujanan juga sangat baik bagi pernafasan terlebih menggunakan air hangat sebab uap dari air hangat akan membantu melegakan pernafasan, terlebih bagi anda yang sedang mengalami pilek atau gejala flu setelah kehujanan.


Maka dari itu setelah kehujanan hal yang paling baik adalah mandi dengan menggunakan air hangat. 


Selain menyingkirkan kotoran yang menempel, air hangat juga akan membantu meningkatkan suhu tubuh, merelaksasi, dan melancarkan aliran darah.


×
Berita Terbaru Update