Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Jangan Lewatkan, Fenomena Hujan Meteor Geminid Malam Ini

Selasa, 14 Desember 2021 | 22:11 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-12-14T14:11:42Z
Jangan Lewatkan, Fenomena Hujan Meteor Geminid Malam Ini
Ilustrasi


BONETERKINI.ID - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumuman puncak hujan meteor Geminid akan terjadi Selasa (14/12/2021) malam ini dalam kurun waktu mulai pukul 20.00 hingga 05.00 pagi waktu setempat.


“Hujan meteor Geminid dapat disaksikan sejak pukul 20.30 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Barat Laut. Intensitas hujan meteor ini untuk Indonesia berkisar 86 meteor/jam (Sabang) hingga 107 meteor/jam (Pulau Rote)," tulis LAPAN dalam situsnya.


Fenomena Geminid merupakan hujan meteor utama dimana titik radiannya atau asal kemunculan berada di dekat bintang Alfa Geminorum (Castor) konstelasi Gemini.


Hujan meteor Geminid dapat terlihat jelas, ketika anda berada di lokasi cukup gelap dan tentu aman, meski fenomena ini tidak berbahaya namun harus tetap hati-hati.


Dilansir darj Space, hujan meteor Geminid terjadi bulan Desember setiap tahunnya ketika Bumi melewati jejak debu dari asteroi 3200 Phaethon.


Fenomena ini dianggap sebagai salah satu hujan meteor terbaik setiap tahunnya karena setiap meteor memiliki kecerahan yang tinggi.


Anda juga bisa bisa menyaksikan Fenomena ini secara online di Facebook atau situs Space, CosmoSapiens, hingga Virtual Telescope Project.


×
Berita Terbaru Update