Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Makan Kacang Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Sabtu, 18 Desember 2021 | 22:46 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-12-18T14:46:07Z
Makan Kacang Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi kacang.


BONETERKINI.ID - Kacang sering dianggap sebagai pemicu timbulnya jerawat maka tak heran kita sering mendengar kalimat “Jangan makan kacang, nanti mukanya jerawatan, lho.” 


Maka tidak heran banyak orang yang percaya dan menghindari untuk menkomsumsi kacang atau makanan yang berbahan baku kacang.


Lalu, benarkah memakan kacang bisa menyebabkan jerawat?


Sebuah peneliatian yang dilakukan oleh para ahli dari Harvard School of Public Health di Amerika Serikat pada tahun 2005 dan 2006 tentang hubungan antara susu kacang dan timbulnya jerawat.


Dari hasil yang didapatkan kedua penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi susu sapi dapat memicu tumbuhnya jerawat pada wajah orang-orang tersebut.


Meski kacang mengandung lemak yang tinggi, namun tidak cukup banyak sampai membuat penumpukan dan penyumbatan lemak pada pori-pori kulit sehingga bisa menyebabkan jerawat. 


Penyebab jerawat sebenarnya bukan konsumsi kacang, melainkan karena adanya alergi terhadap kacang.


Kacang sebenarnya memiliki manfaat untuk kecantikan kulit berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, jerawat tidak disebabkan karena mengonsumsi cokelat, es krim, ataupun makanan seperti kacang. 


Bahkan beberapa ahli percaya bahwa mengonsumsi kacang justru seharusnya dapat mengurangi jerawat, karena makanan tersebut memiliki asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-radang.


Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete juga mengandung asam oksalat yang baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat.


Kacang kedelai pun kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kecantikan kulit. Kandungan omega-3 dari kacang kedelai telah terbukti mampu melawan inflamasi di tubuh, mencegah kulit kering dan membuat kulit tampak awet muda.  


Jika ingin mengomsumsi kacang, sebaiknya makan kacang yang dipanggang. Jangan lupa untuk hindari makan kacang yang digoreng sebab mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. 


Jadi, banyak mengonsumsi gorengan termasuk kacang goreng, bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah. 


Selain itu, juga perlu untuk membatasi mengonsumsi makanan manis dan berkadar gula tinggi, karena konsumsi gula terlalu banyak akan meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah dan memicu produksi hormon androgen yang menjadi penyebab jerawat.


Jadi, makan kacang bikin jerawat itu hanyalah sebuah mitos.


×
Berita Terbaru Update