Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Merinding! Kisah Poppo, Hantu Menyeramkan Asal Sulsel Suka Hisap Darah

Kamis, 16 Desember 2021 | 22:44 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-12-16T14:44:06Z
Merinding! Kisah Poppo, Hantu Menyeramkan Asal Sulsel Suka Hisap Darah
Ilustrasi Poppo.

BONETERKINI.ID - Kisah tentang hantu atau sosok menakutkan masih terus mendarah daging dan tetap beredar di masyarakat Indonesia, terkhusus di Kabupaten Bone.


Meski begitu, tak sedikit kisah hantu tersebut dimunculkan sekedar untuk menakut-nakuti. Namun ada pula yang memunculkannya karena benar-benar memiliki pengalaman melihat sosok menyeramkan itu. 


Masyarakat Bugis Bone sendiri mempercayai beberapa hantu atau sosok yang menurut mereka sangat menyeramkan mulai dari Parakang, Asu Panting hingga Poppo.


Poppo dipercayai merupakan manusia yang gagal mendalami sebuah ilmu hitam seperti pesugihan kemudian menjelma sebagai hantu.


Selain itu Poppo semacam hukuman turun temurun akibat kesalahan atau pelanggaran nenek moyangnya sehubungan dengan ilmu hitam yang dipelajarinya di masa lampau.


Wujud Poppo digambarkan sejenis siluman perempuan yang memiliki kemampuan terbang dan suka menghisap darah. 


Umumnya hantu Poppo banyak ditemukan di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Dimana ia dipercaya suka berada di kebun jagung atau pohon yang memiliki banyak buah. 


Hantu Poppo ini paling ditakuti sebab suka menganggu orang dan menghisap darah terutama bagi perempuan yang sedang melahirkan.


Selain itu Poppo juga menjadikan bayi yang baru lahir atau orang yang sekarat sebagai mangsa utama.


Meski memangsa manusia, Poppo juga diyakini menganggu hasil perkebunan sebab ia juga suka berada di pohon mangga atau memakan jagung muda masyarakat.


Ketika melakukan aksinya hantu Poppo akan menyimpan usus beserta badannya di sebuah tempurung yang diletakkan di belakang pintu.


Kemudian hantu ini pun terbang dan mencari mangsa untuk dimakan.


Jika seseorang mendengar suara pok pok pok saat tengah malam anda perlu waspada sebab Poppo diyakini berada di sekitar anda.


Selain mengeluarkan suara aneh, Poppo juga bisa menirukan suara anak kecil. Ketika suara tersebut besar maka Poppo berada jauh, namun jika suaranya kecil dan samar-samar maka Poppo berada di dekat anda.


Konon orang yang bisa berubah jadi Poppo memiliki ciri-ciri seperti mata selalu memerah, suka meludah, dan gesit bekerja pada siang hari.




×
Berita Terbaru Update