Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan? Kenali Penyebabnya

Senin, 27 Desember 2021 | 22:12 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-12-27T14:12:56Z
Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan? Kenali Penyebabnya
Ilustrasi


BONETERKINI.ID - Hampir setiap orang sering mengalami ngatuk setelah makan. Meski tidak berbahaya, tapi kondisi ini tentunya bisa menghambat aktivitas dan menurunkan konsentrasi dalam bekerja.


Terdapat beberapa faktor penyebab rasa kantuk muncul setelah makan antara lain karena komsumsi makanan atau minuman tertentu hingga gaya hidup maupun kebiasaan yang dilakukan.


Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab seseorang merasakan ngantuk setelah makan agar hal tersebut dapat Anda hindari.


Setiap makanan dan minuman yang dikomsumsi akan dicerna oleh lambung dan usus. Ketika proses ini berlangsung, tubuh otomatis mengeluarkan hormon tertentu seperti serotonin dan malatonin. Kedua tersebutlah yang menjadi penyebab rasa kantuk muncul setelah makan.


Selain itu, perubahan aliran darah pada otak selepas makan juga kerap disebut sebagai penyebab munculnya kondisi ngantuk. Sebab aliran darah lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan agar tubuh dapat mengolah dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.


Ketika hal itu terjadi, aliran darah pada otak menjadi sedikit berkurang hingga menyebabkan sering menguap dan mengantuk. Hal ini terbilang normal terjadi dan biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat.


Kurang olahraga juga menjadi salah satu faktor seseorang mudah ngantuk setelah makan. Karena ketika seseorang jarang berolahraga maka tubuh akan menjadi mudah lelah.


Satu hal yang perlu diwaspadai adalah ketika mudah mengantuk setelah makan adalah karena mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes, anemia, hipotiroidisme, intoleransi makanan, dan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea).


Oleh karena itu, penting untuk konsultasikan ke dokter jika fenomena mengantuk sering terjadi setelah makan.


Faktor lain yang juga mampu menyebabkan seseorang mudah ngantuk setelah makan, adalah kebiasaan melewatkan sarapan, kekurangan asupan zat besi, kurang minum air putih, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji.


Terdapat beberapa makana dan minuman yang bisa anda hindari agar tidak memicu rasa kantuk anda muncul seperti pisang yang memiliki kandungan kalium dan magnesiumnya yang dapat melemaskan otot, sehingga bisa membuat tubuh terasa lebih rileks dan memicu rasa kantuk.


Minuman berenergi juga bisa mimicu rasa kantuk datang karena sebagian besar minuman berenergi itu terbuat dari kafein, asam amino esensial, dan kadar gula yang tinggi.


Namun secara umum, meraskan ngantuk setelah makan merupakan hal yang normal terjadi. Jika Anda sering mengalaminya dan menganggu aktivitas anda perlu kiranya untuk mungkin bisa mengubah pola makan dan menjalani gaya hidup lebih sehat.


×
Berita Terbaru Update