Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Termasuk Soppeng, Ini Daftar Daerah di Sulsel yang Terdampak

Rabu, 08 Desember 2021 | 19:29 WITA | 0 Shares Last Updated 2021-12-08T11:29:59Z
Termasuk Soppeng, Ini Daftar Daerah di Sulsel yang Terdampak
Termasuk Soppeng, Ini Daftar Daerah di Sulsel yang Terdampak


BONE, BONETERKINI.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan mencatat terdapat sejumlah kabupaten yang dilanda bencana banjir sejak Selasa (7/12/2021). 


“Menurut data sementara, ada enam kabupaten yang juga dilanda banjir sepanjang Selasa. Masing masing di Kabupaten Pangkep, Sidrap, Soppeng, Wajo, Bone, dan Jeneponto,” ungkap Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Sulsel Andi Wahid.


1. Merujuk Data BPBD Pangkep 


Terdapat delapan kecamatan yang terdampak, mulai Kecamatan Balocci, Pangkajene, Bungoro, Labbakang, Ma'rang, Segeri, Mandalle dan Tondong Tallasa.


Adapun lokasi yang paling parah masing-masing di Kecamatan Pangkajene, Bungoro dan Minasatene. 


Banjir di wilayah itu disebabkan air sungai dan bendungan di beberapa wilayah desa kelurahan meluap dan merendam pemukiman termasuk akses jalan poros ditutup sementara karena ketinggian air mencapai 1,5 meter.


2. data BPBD Kabupaten Soppeng, 


Sebanyak 55.786 ribu KK terdampak banjir yang tersebar di tujuh kecamatan. Terdapat dua orang yang terbawa arus banjir. Satu di antaranya, Akbar (8 tahun), ditemukan meninggal. Sedangkan satu korban lainnya, bocah 2,5 tahun yang saat ini masih dalam pencarian.


3. Data BPBD Kabupaten Wajo


Tercatat 992 KK terdampak banjir di empat desa, mulai Desa Ujungpero, Salotengnga, Woronge dan Benteng Lompo, Kecamatan Sabbangparu. 


4. Data dari BPBD Sidrap, 


Hujan deras membuat sungai Bilokka meluap yang mengakibatkan jembatan di lingkungan 2 Maroangin, Kelurahan Bilokka. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.


5. Data BPBD Kabupaten Jeneponto


Banjir merendam puluhan rumah di Kecamatan Tamalatea dan Binamu yang menyebabkan kerugian karena gagal panen. Selain itu banjir menggenangi Jalan Poros Jeneponto-Makassar di Sorroangin menyebabkan kemacetan .


6. Data BPBD Bone


Intensitas hujan tinggi sejak Senin hingga Selasa mengakibatkan terjadi tanah longsor di Dusun Kacciri, Desa Tondong, Kecamatan Tellulimpoe. 


Dampaknya, akses jalan terputus menghubungkan dua dusun di desa setempat. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dan tim sedang memperbarui data.


×
Berita Terbaru Update