Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Palette Bola, Tradisi Unik Suku Bugis yang Masih Dilestarikan

Minggu, 16 Januari 2022 | 20:57 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-01-16T12:57:05Z
Palette Bola, Tradisi Unik Suku Bugis yang Masih Dilestarikan
Tradisi pemindahan rumah masyarakat suku Bugis.

BONE, BONETERKINI.ID - Berbagai tradisi dan budaya unik tersebar luas di Indonesia. Bahkan setiap suku memiliki ciri khas masing-masing dan menjadi pembeda dengan lainnya.


Salah satu suku dengan keunikan tradisinya adalah Bugis. Suku Bugis berasal dari Sulawesi Selatan dan tergolong ke dalam suku-suku Deutero Melayu (Melayu muda).


Palette Bola menjadi tradisi unik suku Bugis yang hingga sekarang masih terus dilestarikan.


Mappalette Bola atau pindah rumah bagi suku Bugis merupakan hal unik, pasalnya bagi banyak orang pindah rumah hanya memindahkan barang-barang atau isi rumah.


Namun bagi suku Bugis, pindah rumah diartikan memindahkan sebuah bangunan rumah ke lokasi yang baru. 


Rumah yang biasanya terbuat dari kayu itu tidak dibongkar menjadi bagian kecil, melainkan dipindahkan dalam kondisi utuh dan masih membentuk rumah pada umumnya.


Tradisi Mappalette Bola tersebut penuh dengan arti gotong royong yang terjadi di dalam masyarakat Suku Bugis yang solid.


Sebab tradisi ini melibatkan puluhan bahkan ratusan warga kampung yang terdiri dari pria untuk membantu memindahkan rumah ke lokasi yang baru. 


Terdapat dua teknik Palette Bola yaitu jika lokasi yang baru tidak jauh dari tempat semula, rumah hanya akan didorong dengan memasangkan bagian bawah rumah sebuah roda/ban.


Namun jika lokasi yang baru ternyata memiliki jarak yang jauh mereka akan bergotong royong mengangkat rumah bersama.


Biasanya waktu Palette Bola dilakukan setelah warga melaksanakan sholat jumat hal ini dipilih karena kaum pria sudah berkumpul dan hari Jumat merupakan waktu luang dibanding hari lainnya karena aktivitas berkebun atau turun ke laut.


Selain kaum pria, ibu-ibu Bugis juga akan disibukkan dengan mempersiapkan dan menyajikan makanan selepas pemindahan rumah dilakukan.


Terdapat beberapa makanan berupa kue khas bugis yang bakal hadir mulai kue Bandang, Barongko, Apang, serta teh hangat dan kopi. 


Tradisi unik pindahan rumah ala Suku Bugis ini mencerminkan masyarakat Bugis yang dikenal gemar bergotong royong membantu sesama.




×
Berita Terbaru Update