Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Simak Cara Jual Karya Seni dengan NFT Seperti Ghozali yang Dapat Rp 1,5 M dari Selfie

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:54 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-01-14T07:54:38Z
Simak Cara Jual Karya Seni dengan NFT Seperti Ghozali yang Dapat Rp 1,5 M dari Selfie
NFT Ghozali Everyday



BONETERKINI.ID - Media sosial kini tengah diramaikan dengan sosok Ghozali Everyday dengan foto selfie dirinya setiap hari yang hasilnya dijadikan NFT hingga bernilai miliaran rupiah.

Hal itu membuat NFT atau non-fungible token semakin hari semakin tenar, termasuk di Indonesia. Secara umum Non Fungible Token (NFT) merupakan token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain. 

NFT sendiri memiliki kesamaan dengan beberapa aset mata uang kripto, namun NFT tak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.

Selain itu NFT banyak digunakan untuk mewakili sebuah barang, kebanyakan isinya adalah karya seni di forum digital.

Terdapat beberapa barang yang dapat dibeli meliputi beragam media, seperti dari karya seni, klip video, musik, dan sebagainya. 

Tak hanya itu, NFT umumnya muncul dalam format digital, seperti Joint Photographic Experts Group (JPEG), Portable Network Graphics (PNG), Graphics Interchange Format (GIF), dan lainnya.

Dilansir dari nftcalendar berikut ini cara menjual NFT:

1. Membuat Dompet Web3

NFT (token) merupakan aset berbasis blockchain, maka dari itu anda perlu membuat dompet, untuk mengirim dan menerima NFT. 

Selain itu pengguna juga perlu mendanai dompet sehingga dapat membayar biaya transaksi yang terkait dengan transaks.

Sebagian besar platform NFT dibangun di atas Ethereum, sehingga perlu dompet Ethereum dengan didanai mata uang ETH juga.

2. Membeli ETH dan Kirimkan ke Dompet Web3

Lalu beli ETH dari bursa atau broker cryptocurrency dan minta untuk mengirimkannya ke alamat dompet ETH Metamask kamu. 

Sebagian besar platform memungkinkan menyelesaikan pembelian menggunakan kartu kredit/debit atau bank.

3. Siapkan Karya Seni yang Ingin Diperjualbelikan

Lakukanlah riset atau observasi untuk mendapatkan inspirasi membuat seni NFT yang terlaris. Anda dapat menyiapkan karya muali dari video, audio, gambar dan model 3D dengan ukuran maksimum 100MB.

4. Kirimkan Karya di Marketplace

Sebelum membuat atau membeli NFT perlu diputuskan dulu dari pasar mana anda belinya, terdapat beberapa pasar NFT yang paling umum digunakan ialah OpenSea, Mintable, Nifty Gateway, dan Rarible. 

OpenSea merupakan salah satu pasar yang banyak digandrungi saat ini.

5. Tutorial Menggunakan OpenSea.io, yang Paling Banyak Digunakan

Pertama-tama Masuk ke situs OpenSea.io melalui dompet Metamask, lengkapi ketentuan yang diminta dan setujui transaksi. Kemudian buat profil. Setelah membuat profil, kembali masuk ke situs dan pilih 'Create'. 

Masukkan NFT dari menu dropdown. Lalu pilih 'Create' yang ada di bawah 'Create New Collection' agar bisa mengunggah NFT. Berikan nama dan isi deskripsi. Kemudian klik simpan dan tunggu pesan konfirmasi

Untuk membuat NFT yang baru, klik 'Add New Item' di bawah ikon 'Collections' dan isi informasi lain. Lalu pilih transaksi melalui Metamask dan tunggu NFT disetujui oleh OpenSea. Setelah disetujui OpenSea, NFT akan muncul dalam daftar jual beli. Terakhir tentukan harga NFT dengan sebelumnya pilih jual.

×
Cari Mobil? Hubungi Kami