Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Beroperasi Mei, Bandara Arung Palakka Bone Bakal Layani Rute Makassar dan Kendari

Jumat, 25 Februari 2022 | 17:45 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-02-25T09:45:54Z
Beroperasi Mei, Bandara Arung Palakka Bone Bakal Layani Rute Makassar dan Kendari
Bandara Arung Palakka Bone.


BONE, BONETERKINI.ID - Bandara Arung Palakka yang terletak di Desa Mappalo Ulaweng, Awangpone, Kabupaten Bone yang ditargetkan akan beroperasi pada Mei mendatang. 


Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Arung Palakka, Semuel T Duma mengunkakan saat ini landasan masih dalam tahap pengerjaan dan rampung pada maret.


"Sementara pengerjaan landasan. Insyaallah akhir Maret selesai, lalu akan dibicarakan dengan maskapai kapan masuk. Jadi diperkirakan bulan Mei atau Juni itu sudah ada penerbangan," lanjutnya.


Nantinya Bandara Arung Palakka akan melayani penerbangan dengan jenis pesawat ATR-72 yang melayani rute Bone-Makassar, Bone-Kendari. 


Selain itu jumlah penumpang akan dibatasi, dan juga tanpa bagasi.


"Kecuali bagasi kabin itu masih dibolehkan cuman bobot barangnya juga dibatasi. Maskapai yang akan melayani penerbangan untuk dua rute yakni maskapai Citilink," tambah Samuel.


Adapun panjang runway sekarang 1200x30 meter, dan masih akan dilakukan penambahan runway yang jalurnya melintasi sungai yang sementara diajukan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


"Semoga cepat di-ACC (terima), karena mau ditimbun dulu di sana. Untuk penimbunan sudah akan mulai tahun ini," sebutnya.


Tak hanya itu, proyek jalan masuk bandara juga sudah mulai dirintis. Kemenhub akan membenahi sarana dan prasarana di Bandara Arung Palakka. Termasuk untuk overlay (perencanaan tebal lapis ulang) landasan pacu yang ada di bandara.


“Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara, bakal mengalokasikan anggaran Rp9 miliar untuk Bandara Arung Palakka untuk perbaikan sarana dan prasarana yang ada di dalam bandara. Termasuk pengerjaan drainasenya,” lanjutnya.


×
Berita Terbaru Update