Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Cek Di Sini! Tempat Wisata Paling Banyak Dikunjungi di Kecamatan Cenrana

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:33 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-02-18T08:17:07Z
Wisata Pantai Ujung Patue
Pantai Ujung Patue di Desa Labotto, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone


BONE TERKINI, BONE - Membahas pariwisata di Bone, rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Dari kecematan ke kecamatan lain, kita akan menemukan berbagai macam jenis tempat wisata di Bumi Arung Palakka ini. Mulai dari wisata budaya, wisata alam, hingga wisata buatan.

Pada tulisan kali ini, Bone Terkini akan menyajikan tempat-tempat wisata yang ada di ujung utara Kabupaten Bone, tepatnya di Kecamatan Cenrana.

Meski tak sebanyak yang dimiliki oleh kecamatan lain, spot wisata yang ada di sini wajib dieksplor.
Berikut tempat wisata yang ada di Kecamatan Cenrana:

 1. Makam Lapatau Matanna Tikka

Cek Di Sini! Tempat Wisata Paling Banyak Dikunjungi di Kecamatan Cenrana
Kompleks Makam La Patau Matanna Tikka di Nagauleng, Kecamatan Cenrana.


Makam Lapatau Matanna Tikka ini berada di desa Nagauleng kecamatan Cenrana. Setiap tahun berhasil menyedot ribuan wisatawan lokal maupun nasional. Di Makam ini, La Patau Matanna Tikka dimakamkan bersama para istri, anak, kerabat dan pegawai kerajaan. Situs ini terdapat lima makam istrinya, yaitu Lamariama (isteri pertama), Datu Mampu (isteri kedua), We Ummung Datu Larompong (isteri ketiga), Dala Ujung Pasilo (isteri keempat), dan Sundari Datu Soppeng (isteri kelima). 



La Patau Matanna Tikka lahir pada Tanggal 3 November 1672 dan Wafat Tanggal 17 September 1714. Ia dilantik menjadi raja Bone ke-16 pada Tanggal 6 April 1696.

Nama lengkapnya adalah La Patau Matanna Tikka, Sultan Alimuddin Idris, Walinonoe To Tenribali Malae Sanrang Matinroe ri Nagauleng. Dialah yang menjadi raja setelah pamannya La Tenritatta Arung Palakka meninggal dunia.

Makam Lapatau Matanna Tikka

 Makam Lapatau Matanna Tikka

 Makam Lapatau Matanna Tikka

Letak makam tersebut berjejer dari timur ke barat di tengah situs terdapat makam Raja Bone ke- 16 berdampingan makam isteri pertama, kedua dan ketiga. Makam tersebut hanya berupa susunan batu kapur dengan menggunakan nisan menhir.Selanjutnya, pada sisi barat berjarak sekitar lima meter terdapat makam isteri keempat, yakni Dala Ujung Pasilo, bentuk makam adalah nisan tipe peti batu menggunakan nisan tipe pipih berbentuk cembung dibuat dari kayu jati dengan motif hias suluran daun dan bunga. Letak selanjutnya, yaitu pada arah timur yang terletak di Kampung Kalokkoe sekitar 200 meter dari situs sebelumnya, situs yang dimaksud adalah makam Mappola Bombang dengan ketinggian 76 meter di atas permukaan laut, yaitu makam dari ibu La Patau Matanna Tikka Raja Bone ke- 16.

Makam ini pun setiap tahunnya menjadi tempat rutin yang diziarahi oleh Pemerintah Kabupaten Bone saat menjelang Hari Jadi Bone tanggal 6 April.

2. Pantai Ujung Patue


Wisata Pantai Ujung Patue

Pantai ini terletak di Desa Labotto, Kecamatan Cenrana, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wajo.


Meski tak memiliki bibir pantai yang lebar, namun panorama laut yang ada di lokasi ini patut diadu dengan pantai lain yang ada di Bone.

Wisata Pantai Ujung Patue


Keberadaan sebua batu besar di tepi pantai menjadi salah satu magnet bagi pelancong yang datang jke lokasi untuk berfoto. Mereka bisa menaiki batu berukurn besar tersebut untuk mengabadikan momen.

Tak hanya itu,  di Pantai Ujung Patue ini juga ada dermaga warna warni yang berada di atas permukaan air. Berfoto di spot ini sudah pasti akan terlihat sangat keren.

Wisata Pantai Ujung Patue

 Wisata Pantai Ujung Patue

Wisata Pantai Ujung Patue 

Wisata Pantai Ujung Patue 

Wisata Pantai Ujung Patue

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke lokasi ini?

Kalian bisa mengikuti petunjun melalui Google Maps di sini

Jika punya rekomendasi lain tempat wisata yang ada di Kecamatan Cenrana, kalian bisa menghubungi Admin via IG @boneterkini




×
Berita Terbaru Update