Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Ini Lokasi Baru Rumah Adat Bone “Bola Soba” yang Bakal Dibangun Pemda

Selasa, 08 Maret 2022 | 15:05 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-03-08T07:05:48Z
Ini Lokasi Baru Rumah Adat Bone “Bola Soba” yang Bakal Dibangun Pemda
Kondisi rumah adat Bola Soba usai terbakar pada 20 Maret 2021 lalu.


BONE, BONETERKINI.ID - Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi merencanakan kembali akan membangun rumah adat Bone “Bola Soba” yang kondisinya rusak parah setelah terbakar. 


Rencananya lokasi pembangunannya akan dipindahkan ke tempat baru yang berada di salah satu bukit di Kelurahan Watang Palakka, Kecamatan Tanete Riattang Barat.


"Bola Soba ini harus selesai dibangun sebelum masa jabatan saya berakhir. Saya punya pemikiran mudah-mudahan mendapat restu. Ada bukit di Palakka bahwa di sana pernah berdiri istana Arung Palakka,” ungkap Bupati Bone.


Pembangunan ulang Bola Soba di Palakka direncanakan tidak hanya sebagai Bola Soba saja, namun juga akan menjadi pusat kajian budaya dan adat Bugis di Sulsel.


"Hanya saja rencana lokasinya itu tanahnya dimiliki orang. Tetapi saya berpikir membebaskan itu dan memindahkan area Bola Soba di sana. Sudah ada tim untuk melakukan mediasi dan melobi pemilik lahan," lanjutnya.


Sebelumnya pada 20 Maret 2021 lalu peristiwa kebakaran terjadi di Bola Soba atau rumah persahabatan yang terletak di Jln Latenritatta, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang. 


×
Berita Terbaru Update