Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Mengenal Putra Bone: Andi Sudirman Sulaiman yang Dilantik Jadi Gubernur Sulsel Hari Ini

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:12 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-03-10T06:12:24Z
Mengenal Putra Bone: Andi Sudirman Sulaiman yang Dilantik Jadi Gubernur Sulsel Hari Ini
Andi Sudirman Sulaiman yang akan dilantik jadi Gubernur Sulsel hari ini, Kamis (10/3/22).


BONE, BONETERKINI.ID - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman menjadi Gubernur Sulsel untuk sisa masa jabatan 2023-2024 di Istana Negara pada Kamis (10/3/2022) hari ini.


Andi Sudirman Sulaiman merupakan salah satu tokoh yang lahir di Kabupaten Bone tepatnya di Dusun Bakunge, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre pada 25 September 1983.


Ayahnya Andi B Sulaiman Dahlan Petta Linta merupakan anggota TNI sekaligus seorang petani. Sedang ibunya Andi Nurhadi Petta Bau dalam keseharian menjadi ibu rumah tangga (IRT).


Dia mengenyam pendidikan mulai SD Inpres 10/73 Mappesangka, Bone (1989-1995), SLTP Negeri 1 (Ujung Lamuru) Lappariaja, Bone (1995-1998), dan SMU Negeri 1 Watampone (1998-2001).


Bahkan ia banyak aktif dan memimpin organisasi intra sekolah seperti OSIS, Pramuka, dan sebagai salah satu inisiator berdirinya ROHIS di sekolahnya.


Andi Sudirman diketahui merupakan adik dari mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Selain itu, Sudirman juga punya kakak yang menjabat Kepala Bapenda Sulsel, Andi Sumardi Sulaiman.


Jika dilantik hari ini Kamis 10 Maret 2022, Sudirman akan menjadi gubernur termuda di Sulsel dan juga saat ini di Indonesia dengan usia 38 tahun.


Diberitakan sebelumnya, setelah menggelar rapat paripurna, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulsel mengirim surat ke Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pelantikan Andi Sudirman Sulaiman sebagai gubernur definitif.


Andi Sudirman yang merupakan Wakil Gubernur Sulsel sekaligus Plt Gubernur Sulsel menggantikan Nurdin Abdullah yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan telah divonis 5 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar.


Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah mengatakan, berdasarkan mekanisme aturan yang berlaku hasil rapat paripurna dikirim ke presiden melalui Kemendagri.


“Kalau berdasarkan mekanisme aturan, kan hasil rapat paripurna dikirim ke Presiden melalui Mendagri. Setelah ada itu, menjadi dasar Presiden membuat SK penetapan Andi Sudirman Sulaiman definitif sebagai Gubernur Sulsel,” kata Ni’matullah 25 Januari 2022.


PROFIL DIRI


Andi Sudirman Sulaiman


Tempat/Tgl Lahir : Bone, 25-09-1983

Agama : Islam

Partai Politik : Independen

Istri : Naoemi Octarina,S.T.

Ibu : Andi Nurhadi Petta Bau

Bapak : Andi B Sulaiman Dahlan Petta Linta

Profesi : Insinyur 


×
Berita Terbaru Update