Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Soal Minyak Langka, Kemendag: Diduga Dijual Murah ke Luar Negeri

Kamis, 10 Maret 2022 | 15:14 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-03-10T07:14:08Z
Soal Minyak Langka, Kemendag: Diduga Dijual Murah ke Luar Negeri
Ilustrasi.


BONETERKINI.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Luthfi menjawab soal kelangkaan minyak goreng yang terjadi di Indonesia.


Mendag menduga ada oknum yang mempermainkan minyak goreng, sehingga menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan dengan harga murah.


Pertama, karena kebocoran untuk industri yang kemudian dijual dengan harga tidak sesuai patokan pemerintah. Kedua, ada penyelundupan dari sejumlah oknum.


Ini akan saya tindak keduanya menurut hukum," tegas Mendag.


Mendag mengatakan, ketersediaan minyak goreng yang banyak namun langka di pasaran karena ada beberapa oknum yang menimbun.


Bahkan menurutnya hasil timbunan itu lantas dijual ke luar negeri dengan harga yang berlaku di tingkat global.


"Jadi ada yang menimbun, dijual ke industri atau ada yang menyelundup ke luar negeri, ini melawan hukum," tegas Lutfi.


"Pokoknya kita lagi mencoba, harga internasional boleh setinggi mungkin, harga nasional tetap terjangkau tetap terjangkau dan tersedia," sambungnya.


Padahal, sebenarnya stok minyak goreng yang dimiliki pemerintah cukup bahkan melimpah yang dihasilkan dari penerapan kebijakan DMO (domestic market obligation) dan DPO (domestic price obligation).


"Ini kita bicara seluruh Indonesia, 390 juta liter ini untuk seluruh Indonesia, per kemarin itu sudah 415 juta liter hanya dalam 20 hari," ujar Mendag saat melakukan kunjungan ke Pasar Kebayoran Lama, Rabu (9/3/2022) kemarin.


×
Pasang Iklan? Hubungi Kami