Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Viral! Video Jamaah Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Tarawih

Sabtu, 16 April 2022 | 22:30 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-04-16T14:30:37Z
Viral! Video Jamaah Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Tarawih
Tangkapan layar video viral jamaah nyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum salat Tarawih.



BONETERKINI.ID - Sebuah video yang memperlihatkan sejumlah jemaah masjid berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum melaksanakan salat Tarawih viral di media sosiaal.

Video dengan durasi 2 menit 7 detik itu menampilkan seorang pria yang mengenakan baju dan kopiah putih memimpin jemaah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

Selang beberapa detik jemaah kompak bernyanyi di dalam sebuah masjid dengan dua lantai itu. Dari video yang beredar ini memperlihatkan beberapa sudut ruangan masjid. Salah satunya mimbar yang berada di samping ruang imam salat.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menanggapi video viral ini dan tidak membenarkan sejumlah jemaah yang menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum salat Tarawih berjemaah.

“Sebaiknya kegiatan seperti ini tidak perlu dilakukan agar tidak terkesan melecehkan agama maupun bangsa," ungkap Sekretaris Umum MUI Sulsel KH Muammar Bakry.

Sebab menurutnya agama maupun negara masing-masing memiliki nilai kesakralan tersendiri dan harus ditempatkan pada proporsinya.

Selain itu, syiar agama yang ditoleransi dilaksanakan adalah yang tidak bertentangan dengan syariah dan akal sehat persepsi umat Islam. Syiar yang dimaksud seperti ceramah agama sebelum Tarawih, zikir, wirid, dan sejenisnya.

“Iapun mengimbau umat Islam agar menyikapi masalah ini dengan bijak, bisa jadi ada oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan situasi ini untuk menjatuhkan golongan tertentu,” jelasnya.

×
Berita Terbaru Update